Saturday, April 6, 2013

6 Bahaya Kekenyangan




“Makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.”( Q.S.Al-A’raf (7) : 31 )

Coba bayangkan jika di hadapanmu saat ini terhidang makanan favoritemu,tentu saja ingin langsung di makan, bukan? ^^ apalagi saat ini perutmu sedang sangat lapar, maka otomatis semuanya langsung di makan….:D ha..ha….dan hasil akhirnya perutmu akan terasa penuh dan kekenyangan. 


Tapi..sudahkah kita tahu bahwa kekenyangan  sangat berdampak buruk bagi kejiwaan kita? 

Ternyata, kekenyangan tidak baik untuk kita. 
Kenapa?  Untuk  mengetahui lebih lanjut, mari kita baca sama-sama  6 bahaya kekenyangan di tinjau dari ilmu pengobatan islam  
1. Badan yang berat, karena kenyang akan melemahkan kekuatan dan tubuh yang bisa menguatkan. Tubuh adalah penyesuaian posisi konsumsi makanan dan bukan banyaknya makan yang di konsumsinya.

2. Keras hati. Sebuah riwayat dari Hudzaifah , Nabi Muhammad SAW bersabda : “Orang yang sedikit makannya, maka sehat perutnya, bening hatinya. Sementara itu, orang yang banyak makannya, maka perutnya sakit dan hatinya keras.

3. Hilangnya kecerdasan, rusaknya kemampuan menalar, dan lemahnya daya hafal. Ini seeperti yang di katakan oleh imam Ali bin Abi Thalib, “Kekenyangan akan menghilangkan kecerdasan”.

4. Melemahkan tubuh dalam melakukan ibadah dan mencari ilmu.  Luqman, salah satu orang yang di beri hikmah oleh Allah swt,  pernah berkata : “pada saat lambung sudah terisi penuh, maka pikiran akan tidur hingga tak berfungsi, hikmah akan membisu, anggota tubuh juga duduk tidak dapat melakukan ibadah.

5. Menyebabkan kantuk.  Rasulullah SAW bersabda,”Jangan matikan hati kalian dengan banyak makan dan banyak minum. Karena hati itu seperti tanaman yang pada saat kebanyakan air akan mati.” Rasulullah SAW juga bersabda,”Allah SWT tidak member perhiasan pada seseorang yang lebih utama melebihi keterjagaan perutnya.”

6. Memperkuat dorongan syahwat dan membantu bala tentara setan. Seperti yang di katakan oleh  Imam Al –Ghazali di riwayatkan dari Nabi Muhammad SAW yang pernah bersabda,”Banyak makan adalah racun.”
 

“orang yang banyak makan, maka banyak minumnya. Orang yang banyak minumnya, maka ia akan banyak tidurnya. Orang yang banyak tidurnya, maka akan banyak dagingnya.  Orang yang banyak dagingnya, maka akan keras hatinya. Orang yang keras hatinya, maka akan tenggelam dalam lumpur dosa.”
-Pepatah Bijak-

Semoga informasi yang saya bagikan ini, bermanfaat untuk kita semua, amin…^^
Sekian….
Sumber :
Ensiklopedia Mukjizat Al-Qur’an dan  Hadits Jilid 3 : kemukjizatan Pengobatan dan makanan.

1 comment:

Terima kasih telah mengunjungi blog saya...
silahkan tinggalkan komentar anda, yang berhubungan dengan artikel yang dibahas.
No sara / pornografi.

Popular Posts

Favorite

Langitanisa's bookshelf: read

Naruto, Vol. 01: The Tests of the Ninja
Love in the Time of Cholera
Lust for Life
The Mysterious Howling
Misteri Lemari Antik
Absolute Boyfriend, Vol. 01
Famous Five 16: Five Go To Billycock Hill
With This Ring
Warm Bodies
Christmas Stories
Golden Book
The Invention of Hugo Cabret
The Five Orange Pips
Death Note, Vol. 7: Zero
Death Note, Vol. 1: Boredom
Death Note, Vol. 5: Whiteout
Death Note, Vol. 8: Target
Bleach Volume 01: Strawberry and the Soul Reapers
Death Note, Vol. 2: Confluence
A Study in Scarlet

Kabarlingga.com