Monday, October 14, 2013

Sinopsis Novel : Chloe, Cewek Detektif : Rahasia Keluarga Shackleton / Melacak Pembunuh Mary Shackleton


Pengarang         : Norah McClintock
Penerbit           : Kaifa, Bandung
Tahun              : 2006, cet.1

Chloe Yan, seorang siswa SMU biasa  baru saja pindah ke kota East Hastings  harus mengalami pengalaman tak menyenangkan  pada hari pertama di sekolahnya. Seorang cowok yang  bernama Jonah  Shackleton telah memberinya kesan tak terlupakan “menumpahkan makanan dengan sengaja” ke pangkuan Chloe. Jonah yang telah distempeli sebagai “anak liar” disekolahnya serta ditambah dengan ayahnya yang masuk penjara dengan tuduhan membunuh istrinya, Mary Shackleton. 

Alih-alih Chloe tak ingin pernah mengenal  Jonah sama sekali,  ia harus dihadapkan dengan permintaan bu Benoit, guru  bahasa Prancis di sekolahnya yang meminta Chloe membantu seorang adik kelas yang mengalami ketinggalan pelajaran. Awalnya, chloe berpikir keputusannya memenuhi permintaan bu Benoit akan baik-baik saja, sampai bu Benoit mengatakan adik kelas tersebut adalah Jonah Shackleton. 

Karena tidak ingin mengecewakan Bu benoit, Chloe dengan terpaksa akhirnya membantu Jonah. Meski chloe tidak menyukai jonah, namun sisi lembut Jonah dalam melindungi adiknya, Jay yang mengalami trauma sejak kematian ibu mereka, ternyata membuat chloe makin ingin mengetahui jati diri Jonah.  Meski, Jonah masih cowok yang menyebalkan dan berkepribadian buruk.  

Lambat laun, Chloe mulai mengenal Jonah dan mengetahui sedikit banyak alasan mengapa Jonah berusaha keras untuk membebaskan ayahnya dari penjara berkat bantuan Ross, cowok yang berkecimpung sebagai editor koran sekolah. 

Chloe makin dekat dengan Jonah, dan ia hanya satu-satunya orang yang percaya pada  Jonah, bahwa ayahnya tidak membunuh ibunya. Disisi lain, kedekatan Chloe dan Jonah menyebabkan kekhawatiran pada ibu dan ayah tiri barunya, Lavesque yang berprofesi sebagai seorang penyelidik di kepolisian. 

Chloe semakin terlibat dalam kehidupan Jonah, bahkan berusaha mati-matian ingin membantu Jonah dan membuktikan bahwa ayah Jonah bukanlah seorang pembunuh, tetapi pembunuhnya masih berkeliaran di luar sana.

Bantuan Chloe kepada Jonah, awalnya di anggap sebagai angin lalu saja oleh Jonah. Tetapi, melihat niat Chloe yang tulus dan bahkan ia masih tetap ingin menolong Jonah meski Jonah telah berkali-kali bersikap buruk kepada Chloe, akhirnya membuat Jonah menyadari bahwa Chloe adalah seseorang yang dapat ia percayai. 

Lagi-lagi Chloe harus meminta bantuan kepada Ross, teman dekatnya  itu untuk membantu dirinya dan Jonah dalam mencari bukti-bukti bahwa ayah Jonah, Harold Shackleton tidak bersalah. Sedikit demi sedikit kejanggalan di dalam kasus pembunuhan Mary Shackleton mulai terlihat, bukti-bukti yang mengarah bahwa pembunuh yang sebenarnya adalah orang yang pernah dekat dengan keluarga Shackleton.

Semakin dekat mereka menuju kebenaran, semakin dekat bahaya mengintai Chloe dan Jonah. Siapakah dalang dibalik pembunuhan Mary Shackleton?  
****** 
^^ Novel ini benar-benar buat saya jatuh cinta  hingga saya berusaha ingin membuat sinopsis dari novel tersebut.  Bukan hanya jalan ceritanya yang menarik, cara penuturan dalam cerita ini sangat indah, banyak kosa kata  unik  sampai membuat saya terperangah, begitu cerdas si pengarang meramu kata-kata. 

Dan satu lagi, karakter tokoh-tokoh di dalamnya sungguh membuat para pembaca satu persatu akan terlena bagaimana tiap karakter dapat menjelma menjadi seseorang secara menakjubkan dan tak bisa kita prediksi begitu saja.
Sebuah bacaan yang luar biasa bagi saya ! saya rekomendasikan untuk teman-teman semua ^^

1 comment:

  1. Saya juga jatuh cinta sama novel ini. Tokoh dan alurnya masih melekat di otak, padahal ini novel jaman kelas 7 SMP. :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi blog saya...
silahkan tinggalkan komentar anda, yang berhubungan dengan artikel yang dibahas.
No sara / pornografi.

Popular Posts

Favorite

Langitanisa's bookshelf: read

Naruto, Vol. 01: The Tests of the Ninja
Love in the Time of Cholera
Lust for Life
The Mysterious Howling
Misteri Lemari Antik
Absolute Boyfriend, Vol. 01
Famous Five 16: Five Go To Billycock Hill
With This Ring
Warm Bodies
Christmas Stories
Golden Book
The Invention of Hugo Cabret
The Five Orange Pips
Death Note, Vol. 7: Zero
Death Note, Vol. 1: Boredom
Death Note, Vol. 5: Whiteout
Death Note, Vol. 8: Target
Bleach Volume 01: Strawberry and the Soul Reapers
Death Note, Vol. 2: Confluence
A Study in Scarlet

Kabarlingga.com