Thursday, November 24, 2016

Sinopsis Novel “Exploits of Gerard” Karya Sir Arthur Conan Doyle







 Hallo..hallo....blogku seperti kehilangan pemiliknya untuk beberapa saat. Bukan beberapa saat, tapi sudah berbulan-bulan saya tidak mempostingkan sesuatu. Beberapa masalah pribadi hingga rancangan gambar saya yang belum selesai juga. Singkatnya, ada perubahan terjadi pada diri saya. Hmm..daripada disebut perubahan, lebih tepatnya saya banyak mengalami cobaan hidup akhir-akhir ini.  

Beruntung, saya masih menyempatkan diri dan meluangkan waktu untuk membaca. Memiliki waktu untuk membaca, menggambar, atau hal-hal yang memiliki dampak untuk kepuasaan batin, bagi saya menjadi semacam meditasi. Karena didalam hidup, kita butuh pengasingan diri—menepi sejenak dari rutinitas yang membelenggu kita. 


Novel yang menjadi bahan tulisan kali ini adalah “Exploits of Gerard” atau judul aslinya “ The  Exploits of Brigadir Gerard” karya Sir Arthur Conan Doyle. Ini adalah kali pertama saya membaca novel yang bertemakan perang dan prajurit. Novel yang terlalu berat untuk dinikmati, begitu pikir saya. Namun, ada rasa penasaran untuk mengetahui bagaimana kisah yang disajikan didalamnya. Apalagi author novel ini adalah favorite saya ( dan saya juga telah berusaha mendapatkan buku ini ).

Ettiene Gerard, begitu nama tokoh utama dalam novel. Ia meupakan anggota pasukan kavaleri ( pasukan berkuda ) dari Grand Army Napoleon. Tak seperti “Sherlock Holmes” atau “John Watson” yang memiliki karakter cerdas dan tidak terlalu menonjolkan diri, sang author membuat karakter Gerard  sebagai seorang prajurit Prancis yang lebih membanggakan fisiknya ( ketampanan wajahnya) daripada mengandalkan otaknya. Sehingga menjadikan tokoh ini begitu unik dan jenaka.

Pada novel “Exploits of Gerard” terdapat delapan kisah petualangan-petualangan Gerard yang begitu menegangkan bahkan konyol. Seperti bagaimana ia mempertaruhkan nyawa serta kebebasannya dengan bermain kartu melawan pihak lawan. Atau bagaimana Gerard begitu mudahnya diperdaya oleh seorang wanita yang menyebabkan ia kehilangan surat berharga yang menentukan nasib Prancis. Atau bagaimana  seorang Gerard bisa lolos berkali-kali dari maut. Membuat saya takjub bagaimana keberuntungan selalu menyertai dirinya.

 Kisah  dibuka dengan penugasan  Gerard untuk membawa empat ratus kuda pengganti dari Prusia ke Polandia Timur bersama Mayor Legendre. Setelah melintasi Sungai Vistula dan sejauh Riesenberg, Gerard mendapat perintah untuk segera melanjutkan ke kota Rossel dan melaporkan diri ke markas resimen.  Dengan menunggang kuda kesayangannya “Rataplan”, Gerard pun segera menuju ke kota tersebut. Perjalanan yang begitu jauh membuat Gerard harus berhenti beristirahat di desa kecil yang bernama Desa Saalfeldt. Di desa inilah Gerard bertemu dengan seorang pemuda berpangkat ajudan-letnan bernama Duroc.

 



Pembawaan Gerard sebagai seorang teman yang menyenangkan, membuat Duroc memutuskan menceritakan latar belakang mengapa ia berminat masuk ke dunia militer dan motif yang tersembunyi dibaliknya. Ia meminta bantuan kepada Gerard untuk menemaninya berkeliling desa mencari seorang lelaki yang bernama Baron Straubenthal. Setelah bertanya kepada penduduk desa, mereka akhirnya menemukan dimana tempat tinggal lelaki itu. Gerard pun mengetahui alasan mengapa Duroc begitu menginginkan sang Baron. 

Christophe Duroc,  begitu nama sang ayah. Seorang bankir yang sangat terkenal pada masa itu telah menjadi korban pembantaian massa yang didalangi oleh  Baron Straubenthal. Tewasnya sang ayah meninggalkan rasa dendam yang begitu mendalam kepada Duroc dan keluarga. Tak hanya itu mereka juga kehilangan harta benda milik mereka. Penegakan keadilan atas kematian sang ayah tak pernah mereka dapatkan. Sang Baron melarikan diri dari negara tersebut dan mengganti identitasnya. 
 



Ditinggalkan tanpa sepeser pun uang dan mengingat dendam atas kematian ayah mereka harus dibayar, membuat kakak lelaki Duroc memutuskan masuk ke dunia militer. Dengan masuk ke dunia militer akan terbuka jalan bagi mereka untuk mencari  keberadaan sang Baron. Malangnya, sang kakak lelaki Duroc tewas di medan perang sebelum menemukan keberadaan lelaki ini, hingga tugas tersebut jatuh ke tangannya.   Baron Straubenthal harus ditemukan hidup atau mati. 

Betapa gembiranya Duroc menemukan musuh yang ia cari selama ini. Maka, disusunlah rencana untuk menghadapi sang Baron. Gerard sebagai seorang lelaki yang menyukai petualangan tak menolak untuk menemaninya serta rasa simpati yang ia rasakan terhadap pemuda ini. Dengan menunggang kuda mereka masing-masing, mereka berangkat untuk menemui sang Baron di kastilnya. 

Berhasilkah Duroc dan Gerard menemui sang Baron, mengingat  Baron Straubenthal bukan hanya seorang lelaki yang terkenal kejam tetapi juga licik.

“Aku berbicara tentang apa yang telah kudengar dan kusaksikan.
Jadi, kalian tak boleh mencoba
membatahku dengan mengutip pendapat mahasiswa atau
pemegang pena yang telah menulis buku sejarah atau memoar “
-Ettienne Gerard-
***

Sebuah  novel yang begitu menarik untuk dibaca, meski didalamnya terdapat istilah-istilah dunia militer yang tidak semua pembaca ( termasuk saya ) belum tentu mengerti artinya.  Dengan latar hutan-hutan di Prancis, kita juga diajak mengenal nama-nama desa di daerah Prancis. Akan lebih baik, andai novel ini menyertakan  ilustrasi peta pada bagian cerita yang menjelaskan sebuah daerah, agar pembaca lebih bisa memahami dan menghayati apa yang terjadi didalam cerita. 
Semoga sinopsis ini bisa menjadi referensi dalam koleksi bacaan pembaca serta siapa tahu setelah anda membaca sinopsis ini ada yang segera pergi ke toko buku.

Selamat membaca, luangkan waktu anda untuk membaca dan have a nice day for all....^_^
  
Detail Buku
Judul Buku : Exploits of Gerard
 Pengarang : Sir Arthur Conan Doyle
Jumlah halaman : 406 halaman
Tahun : 2013
Penerbit : visimedia
ISBN: 979-065-180-5

1 comment:

  1. menarik sekali,saya sangat menyukai cara anda mengulas dan mengumpan pembaca untuk ikut mengincar novel ini dan membacanya

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
Silahkan tinggalkan komentar anda yang berhubungan dengan artikel.
No sara / pornografi.

Dabo Singkep

Welcome To Dabo Singkep Island

Sudah pernahkah kamu   mendengar sebuah pulau   bernama Dabo Singkep? Bagi yang sudah mendengarnya, mereka akan tahu dimana letak pu...