Monday, April 23, 2018

Nama-Nama Malaikat Dalam Berbagai Agama Beserta Tugasnya






 “Malaikat-malaikat yang memikul Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya
 bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun 
bagi  orang-orang yang beriman ( seraya mengucapkan ), “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan-jalan-Mu dan peliharalah mereka dari siksaan neraka
 yang bernyala-nyala.”
( QS. Al-Mu’min 40 :7 ) 

Malaikat merupakan salah-satu makhluk ciptaan  Allah swt. yang diciptakan dari cahaya/nur.  Dalam kisah para nabi dan rasul kita bisa menemukan malaikat-malaikat yang membawa perintah dari Tuhan atau peringatan kepada para utusan Tuhan tersebut. Para malaikat biasanya menampakkan wujud di hadapan para nabi dan rasul dalam sesosok laki-laki muda. Namun,  didalam hadist disebutkan bahwa Nabi Muhammad saw. mampu melihat wujud malaikat Jibril yang sebenarnya sebanyak dua kali.
 Lalu, seperti apakah wujud malaikat itu sesungguhnya ?

“Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, 
masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat,
Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya.
Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”
( QS. Faathir 35 : 1 )


Wujud para malaikat telah dijabarkan didalam Al Qur’an, ada yang memiliki sayap sebanyak 2, 3 dan 4. Kemudian dalam beberapa hadits dikatakan bahwa Malaikat Jibril memiliki 600 sayap, dan Malaikat Israfil memiliki 1200 sayap, dimana satu sayapnya menyamai 600 sayap Jibril. kemudian yang terakhir dikatakan bahwa Hamalat al-‘Arsy / Malaikat penopang Arsy memiliki 2400 sayap dimana satu sayapnya menyamai 1200 sayap Israfil.

Mereka tidak bertambah tua ataupun bertambah muda, keadaan mereka sekarang sama persis ketika mereka diciptakan. Dalam ajaran Islam, ibadah manusia dan jin lebih disukai oleh Allah swt. dibandingkan ibadah para malaikat, karena manusia dan jin bisa menentukan pilihannya sendiri. Berbeda dengan malaikat yang tidak memiliki pilihan lain. Malaikat mengemban tugas-tugas tertentu dalam mengelola alam semesta. Mereka tidak berjenis lelaki atau perempuan dan tidak berkeluarga.

Berbeda dengan ajaran Islam, ajaran Kristen dan Yahudi mengenal istilah “Malaikat Yang Terjatuh” (Fallen Angel) atau para malaikat yang telah diusir / dibuang dari surga karena pengingkaran dan pemberontakan mereka terhadap Tuhan. Dalam Islam, mereka disebut jin karena, berbeda dengan malaikat yang terbuat dari cahaya, mereka diciptakan dari api. Meski begitu, ketiga agama monoteis ini sama-sama meyakini keberadaan malaikat sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan perannya dalam menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul. Dalam  ajaran pagan, terdapat malaikat perdamaian yang disimbolkan dengan burung merpati.

Berikuti ini nama-nama malaikat dalam berbagai ajaran beserta tugasnya :

ISLAM

Malaikat Jibril, bertugas mengemukakan wahyu pada beberapa nabi serta rasul. 
Malaikat Mikail, bertugas membagikan rezeki pada semua mahluk hidup.
Malaikat Izrail, bertugas mencabut nyawa semua mahluk hidup 
Malaikat Israfil, bertugas meniup sangkakala pada hari kiamat kelak.
Malaikat Munkar, bertugas menanyai serta menghukum orang yang telah wafat di alam barzah. 
Malaikat Nakir, bertugas menanyai serta menghukum orang yang telah wafat di alam barzah. 
Malaikat Rakib, bertugas untuk mencatat amal perbuatan baik manusia. 
Malaikat Atid, bertugas mencatat amal perbuatan buruk manusia. 
Malaikat Malik,  malaikat ini bertugas melindungi pintu neraka. 
Malaikat Ridwan, bertugas melindungi pintu syurga. 
Malaikat Zabaniah, 19 malaikat penyiksa dalam neraka yang begitu bengis serta kasar. Pemukanya adalah Malik. Diantaranya: Hutriel, Lahatiel, Makatiel, Puriel (Pusiel), Rogziel dan Shoftiel.
Malaikat Hamalat Al’ Arsy, 4 malaikat pembawa Arsy Allah swt. sekarang ini serta pada hari kiamat akan ditambah jumlahnya menjadi 8 dengan bergabungnya Rafael, Mikail, Jibril, dan Azrael setelah tugas mereka berakhir.
Malaikat Harut & Marut, kedua malaikat yang dijadikan manusia serta diuji oleh Allah swt.
Malaikat Dar’dail, yang bertugas mencari manusia yang berdoa, bertaubat serta yang pada bulan Ramadhan. 
Malaikat Kiraman Katibin, yang bertugas sebagai pencatat amal baik pada jin serta manusia.
Malaikat Mu’aqqibat, yang bertugas memelihara manusia dari kematian hingga saat yang sudah diputuskan yang datang silih berganti. Dalam tradisi Yudeo-Kristen disebut juga Malaikat Pelindung.
Malaikat Arham, bertugas untuk mengambil keputusan rezeki, ajal, keberuntungan pada 4 bulan masa kehamilan. 
Malaikat Jundallah, yang bertugas sebagai malaikat perang yang menolong nabi dalam peperangan. 
Malaikat Ad-Dam’u, malaikat yang senantiasa menangis bila melihat kekeliruan manusia. 
Malaikat An-Nuqmah, malaikat yang senantiasa mempunyai urusan dengan unsur api serta duduk di singgasana berbentuk nyala api. memiliki wajah berwarna  kuning seperti tembaga. 
Malaikat Ahlul Adli, malaikat yang mempunyai ukuran besar melebihi ukuran bumi beserta isinya, dan memiliki 70 ribu kepala. 
Malaikat Berbadan Api Serta Salju, malaikat yang mempunyai ukuran besar dengan badan 1/2 api serta 1/2 salju dan dikelilingi oleh pasukan malaikat yg tidak pernah berhenti berdzikir. 
Malaikat Pengurus Hujan, bertugas mengurusi hujan menurut kehendak Allah swt. 
Malaikat Penjaga Matahari, 9 malaikat yang bertugas menghujani matahari dengan salju. 
Malaikat Rahmat, bertugas sebagai penyebar keberkahan, rahmat, permintaan ampun serta pembawa roh beberapa orang saleh, ia datang bersama-sama malaikat maut serta malaikat azab.
Malaikat Azab, bertugas sebagai pembawa roh beberapa orang kafir, zalim, munafik. Ia datang bersama-sama malaikat rahmat serta malaikat maut. 
Malaikat Pembeda Haq dan Batil, yang bertugas membedakan pada tindakan yang benar serta salah pada manusia. 
Malaikat Penentram Hati, bertugas meneguhkan pendirian seseorang mukmin. 
Malaikat Penjaga 7 Pintu Langit, bertugas melindungi 7 pintu langit. Mereka diciptakan oleh Allah swt. sebelum langit serta bumi ada. 
Malaikat Pemberi Salam Ahli Surga, bertugas sebagai pemberi salam pada beberapa ahli surga. 
Malaikat Pemohon Ampun Untuk Orang Beriman, beberapa malaikat yang ada di sekitar Arsy yang memohonkan ampunan untuk golongan yang beriman. 
Malaikat Pemohon Ampun Untuk Manusia di bumi, beberapa malaikat yang bertasbih memberikan pujian pada Allah swt. serta memohonkan ampun untuk manusia-manusia di bumi. 
Malaikat Pendamping Malaikat Maut, malaikat ini berjumlah 70.000 malaikat, mereka datang mengikuti serta turut mendoakan jika Malaikat Maut akan mencabut nyawa beberapa orang mukmin.
 



KRISTEN & YAHUDI
Berikut dibawah ini adalah nama-nama Archangel / pemimpin malaikat atau disebut juga dengan malaikat agung, dan tidak termasuk kedalam Fallen Angel :

Malaikat Ariel
Nama Ariel berarti “ Singa/  singa betina Tuhan“ dan malaikat ini dihubungkan dengan singa dan hewan-hewan liar. Ariel terlibat dengan penyembuhan dan melindungi alam, termasuk hewan, ikan dan burung, terutama hewan-hewan yang liar. Ariel adalah Malaikat Pelindung Hewan-Hewan Liar.

Malaikat Azrael / Malaikat Izrail
Nama Azrael berarti “ Ia yang membantu Tuhan “. Peran Azrael terutama untuk menyeberang orang ke surga pada saat tubuh fisik mereka telah mati. Azrael menghibur orang sebelum kematian fisik mereka, memastikan mereka tidak menderita selama kematian, dan membantu mereka untuk berasimilasi di sisi lain.. Azrael dipanggil untuk memberikan dukungan dan kenyamanan, penghibur dari duka cita, membantu jiwa, kasih sayang, kedamaian, transisi dan kenyamanan. Malaikat Pelindung kependetaan.

Malaikat Chamuel
Nama Chamuel berarti "Dia yang melihat Tuhan" atau "Dia yang mencari Tuhan." Chamuel adalah malaikat  penyembuh yang benar-benar kuat dalam hirarki malaikat yang dikenal sebagai “Powers” yang melindungi dunia dari rasa takut dan energi yang kurang baik. Chamuel dipanggil untuk kenyamanan, perlindungan, dan intervensi dalam kejadian-kejadian di dunia, cinta, toleransi, rasa terima kasih. Chamuel adalah malaikat yang dibutuhkan orang-orang untuk menemukan sesuatu seperti belahan jiwa,dan sebagainya, cinta tak bersyarat dan memperkuat hubungan. Chamuel adalah Malaikat Pelindung dari semua orang yang mencintai Tuhan.

Malaikat Gabriel / Malaikat Jibril
Nama Gabriel berarti “Tuhan adalah kekuatanku.” Gabriel adalah Malaikat dari konsepsi anak atau proses mengadopsi seorang anak. Archangel ini juga membantu siapa saja yang tujuan hidupnya melibatkan seni atau komunikasi, pembela elemen air dan arah barat. Malaikat kebangkitan, pembawa karunia, kedamaian dan penyantun "pembawa pesan", Kemurnian, kelahiran kembali, kreativitas, nubuat, memurnikan pikiran, tubuh, dan emosi, komunikasi & seni. Malaikat Pelindung semua orang yang bekerja di bidang komunikasi.

Malaikat Haniel
Nama Haniel berarti “ Kemuliaan Tuhan “, Haniel membantu kita untuk memulihkan rahasia-rahasia yang hilang dari penyembuhan alami. Haniel juga membantu manusia menikmati lebih banyak anugerah dalam kehidupan kita. Haniel dipanggil untuk menambahkan keindahan, harmoni, dan teman-teman yang luar biasa dalam hidup manusia. Malaikat pembawa energi bulan, karunia dan nubuat.

Malaikat Jeremiel
Nama Jeremiel berarti “ Karunia Tuhan, “ selain menjadi malaikat dari visi kenabian, Jeremiel membantu orang-orang yang baru menyeberang untuk meninjau kehidupan mereka. Ia membantu mereka yang masih hidup untuk menginventarisasi kehidupan mereka, untuk dapat membuat penyesuaian positif. Malaikat pelindung visi, tinjauan kehidupan, dan impian manusia. Malaikat yang membantu siapa saja yang tujuan hidupnya melibatkan visi dan tinjauan kehidupan manusia.


Malaikat Jophiel
Nama Jophiel berarti “Keindahan Tuhan”. Jophiel membantu manusia untuk memikirkan pikiran-pikiran yang indah dan untuk menciptakan, memanifestasikan, dan menarik lebih banyak keindahan kedalam hidup manusia, penerangan, kebijaksanaan, dan persepsi. Pemikiran tentang kecantikan dan cinta. Malaikat pelindung dari para seniman.



Malaikat Metatron
Metatron adalah malaikat yang berapi-api dan energik yang memiliki tempat khusus didalam hatinya untuk anak-anak, terutama mereka yang dikaruniai talenta spritual. Setelah Eksodus, Metatron memimpin anak-anak Israel melalui padang gurun dan menuju tempat aman. Dia terus memimpin anak-anak pada hari ini, baik di bumi maupun di surga. Menyatukan, mendidik, dan pembawa kebenaran. Malaikat Pelindung Anak Kecil.

Malaikat Sandalphon
Nama Sandalphon berarti “saudara” dalam bahasa Yunani, sebuah referensi untuk saudara kembarnya, malaikat Metatron.  Satu-satunya malaikat kembar  di surga yang semulanya ia adalah  manusia fana. Peran utama Sandalphon adalah untuk membawa doa manusia kepada Tuhan, sehingga doa-doa mereka dapat dijawab. Malaikat Pelindung  dari musik.

Malaikat Michael / Malaikat Mikail
Nama Michael berarti “Dia yang seperti Tuhan” atau “Dia yang tampak seperti Tuhan”. Fungsi utamanya adalah untuk membersihkan bumi dan penghuninya dari racun yang terkait dengan rasa takut. Michael memberikan bimbingan dan arahan bagi orang-orang yang membutuhkan bantuan / dalam tujuan hidup / jalur karier mereka untuk mengklarifikasi atau melakukan perubahan. Pembela Elemen Api dan arah selatan. Pemimpin dari para malaikat.

Michael adalah Malaikat perlindungan, keadilan & kekuatan. Malaikat Michael memberikan orang-orang rasa perlindungan, dan mendorong seseorang untuk membuat perubahan-perubahan kehidupan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rohani. Malaikat Penegak Hukum.

Malaikat Raguel
Nama Raguel berarti “Teman Tuhan”, peran utamanya di surga adalah untuk mengawasi semua pemimpin malaikat dan malaikat lainnya, untuk memastikan bahwa mereka semua bekerja bersama dengan cara yang harmonis dan teratur, sesuai dengan perintah dan kehendak Ilahi. Jika seseorang membutuhkan bantuan dalam menciptakan harmoni dan menyelesaikan konflik, serahkan kepada Raguel.

Malaikat Raphael / Malaikat Israfil
Nama Raphael berarti 'Tuhan menyembuhkan” atau “Tuhan telah menyembuhkan” berdasarkan kata Ibrani, “Rapha” berarti dokter atau penyembuh. Raphael adalah malaikat penyembuh tubuh fisik yang kuat, bagi manusia dan para binatang. Pembela Elemen Udara dan Timur. Dia adalah Malaikat Cinta, Sukacita dan Tawa, penjaga Pohon Kehidupan dan Kekuatan Penyembuhan. Dia membantu orang-orang menyembuhkan pikiran, pikiran, tubuh, dan jiwa mereka. Pelindung Malaikat dari semua orang di bidang penyembuhan.



Malaikat Raziel
Nama Raziel berarti “rahasia Tuhan” karena dia bekerja sangat dekat dengan Tuhan sehingga dia tahu semua rahasia alam semesta, dan bagaimana alam semesta bekerja. Raziel dapat membantu manusia memahami materi esoterik dan meningkatkan kemampuan orang-orang untuk melihat, mendengar, mengetahui, dan merasakan bimbingan Ilahi. Malaikat pelindung orang-orang pembuat hukum dan orang-orang yang bertugas menjalankannya.

Malaikat Uriel
Nama Uriel berarti “Tuhan adalah cahaya”, “cahaya Tuhan” atau “api Tuhan” karena ia menerangi situasi dan memberi informasi dan peringatan nubuat. Mungkin karena hubungannya dengan nabi Nuh, dan penguasa dari elemen cuaca, guntur dan kilat, Uriel dianggap sebagai malaikat yang membantu kita ketika bencana alam. Uriel dipanggil untuk mencegah peristiwa semacam itu, atau untuk menyembuhkan dan memulihkan setelahnya. Pembela unsur bumi dan arah utara. Malaikat alam, visi dan instruksi dan penjaga nubuat, perdamaian & pelayanan, pemahaman spiritual, para pelajar, serta pemecahan masalah mereka. Seorang malaikat pelindung sastra dan musik.


Malaikat Zadkiel
Nama Zadkiel berarti “kebenaran Tuhan” Zadkiel dapat membantu siapa saja yang memberi  karunia dan belas kasihan terhadap diri sendiri dan orang lain, dan melepaskan penilaian dan tidak memaafkan. Untuk memaafkan diri sendiri atau orang lain, mintalah bantuan Zadkiel. Dia adalah pemimpin malaikat dari doa, transformasi. Malaikat kebebasan, kebajikan, belas kasihan, dan Malaikat Pelindung dari semua yang memaafkan.

“And the angel answered him,
“I am Gabriel. I stand in the presence of  God,
and i was sent to speak to you and
to bring you this good news.”
( Luke 1:19 )

****

Sekian postingan dari saya dan  semoga bermanfaat...



Sumber :
http://www.angelsbysharae.com/ArchangelsList.html
http://cintasunnahku.blogspot.co.id/2016/04/23-malaikat-yang-jarang-diketahui.html





1 comment:

  1. Terimakasih, sangat bermanfaat sekali. Sekadar saran untuk koreksi, Malaikat Raphael meski cenderung disamakan dengan Malaikat Israfil dalam Islam kenyataannya tidak sama. Malaikat Seraphiel lah yang bisa diartikan sama dengan Malaikat Israfil, karena dalam pengejaan bahasanya pun mirip dan keduanya digambarkan memiliki kedudukan atau kekuatan yang serupa.

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
Silahkan tinggalkan komentar anda yang berhubungan dengan artikel.
No sara / pornografi.

Dabo Singkep

Welcome To Dabo Singkep Island

Sudah pernahkah kamu   mendengar sebuah pulau   bernama Dabo Singkep? Bagi yang sudah mendengarnya, mereka akan tahu dimana letak pu...