Tuesday, April 17, 2018

Sejarah, Simbol, dan Makna Bunga Dalam Berbagai Lukisan: Bagian 1 – Lili





Bunga Lili
Bunga Lili Putih adalah bunga  hiasan bunga-bunga paling kuno  yang dipelihara.  Mereka muncul di lukisan dinding Kreta, ukiran Asiria, makam-makam Mesir, dan vila-vila bangsa Pompei, kemudian tersebar  ke seluruh Eropa selama kekaisaran Romawi.

Warna putihnya  mengilhami nama Latin bunga tersebut, yaitu  Lilium Candidum dan mereka tidak memiliki saingan sampai jenis bunga Lili bernama “Lilium Regale” tiba dari China pada tahun 1904. Nama populer mereka adalah “Madonna lily”, yang diciptakan pada zaman victoria  tetapi ini hanya menegaskan bahwa bunga ini telah seribu tahun dihubungkan dengan  Perawan Maria.

Ketika bunga Lili pertama kali ditampilkan dalam lukisan Eropa, sekitar tahun 1300-an, artis Sienese Duccio menempatkan vas bunga lili putih di samping Sang Perawan untuk melambangkan kesuciannya; membangun sebuah tradisi  yang begitu kuat pada era Pra-Raphael lebih dari 500 tahun kemudian.

Sekuntum bunga Lili oranye kemerahan yang kontras, bernama “Lilium Bulbiferum / Croceum”, berasal dari Eropa Timur, dibudidayakan pada abad ke-15 ketika muncul dalam seni Belanda, dimana warna tersebut mungkin dihubungkannya dengan darah penebusan Kristus.

Dalam lukisan bunga-bunga abad ke-17 terjadi banyak tradisi baru. Diantaranya adalah bunga Lili yang berbentuk topi khas orang Turki, yang bernama “Lilium Chalcedonicum” dari Turki. Kelopak merahnya, kelopak yang melengkung kebelakang memberikan percikan warna lain yang eksotis dalam lukisan Jan Brueghel dan orang-orang sezamannya.
Asal dari kata Lili adalah kata Celtic “Li” atau “Leukos” Yunani, keduanya berarti putih.
Bagi orang Cina, Lili berarti "selamanya cinta."




 The Annunciation ( Pemberitaan )
Fra Filippo Lippi
National Gallery, London

1450-3
68.6 x 152.7cm
Egg Tempera at Panel

Dalam lukisan Fra Filippo Lippi, Mary/Maria dilukisakan sedang  menerima berita bahwa dia akan melahirkan seorang anak Kristus. Kepala Mary tertunduk dalam sikap rendah hati dan penuh penerimaan. Antara sosok Maria dan malaikat Gabriel ( Jibril ) terdapat guci penuh bunga Lili, bunga Lili sering muncul dalam adegan-adegan pemberitaan sebagai simbol keperawanan Mary / Maria.

Mary dilukis sedang duduk di taman tertutup. Taman tertutup, yang dikenal sebagai ”hortus conclusus”, merupakan sebuah simbol seni yang memiliki makna yaitu  rahim yang tertutup dan keperawanan Maria. Hortus Conclusus disini ditampilkan sebagai taman kecil bergaya Italia  dari seniman yang mungkin akrab dengan bentuk taman tersebut.




  Carnation, Lily, Lily, Rose
John Singer Sargent
Tate Britain

1885-6
174 x 153.7 cm
oil on canvas

Lukisan ini diselesaikan selama dua bulan pada malam hari di musim gugur 1885 dan kemudian lagi pada tahun 1886. Kedua gadis itu – Polly dan Dolly - adalah anak perempuan  dari teman John Singer Sargent yang tinggal di desa Cotswold of Broadway. 

Fakta bahwa Singer Sargent hanya akan melukis pada saat senja ketika cahayanya benar-benar sempurna dibutuhkan  waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Setiap sore dia akan bermain tenis sampai senja saat permainan telah berhenti. Polly dan Dolly mengambil posisi mereka, dan Singer Sargent akan melukis mati-matian selama sepuluh menit atau lebih sampai cahayanya berubah. Kemudian ia  melanjutkan kembali permainan tenisnya.

Lukisan ini dilihat dari sudut pandang/ perspektif orang yang berukuran tubuh kecil. Bunga Lili tampak berukuran besar jika kita seolah-olah melihatnya melalui mata seorang anak kecil dan cahaya dari lentera Cina menebarkan cahaya magis di atas layar.




 Joseph and The Suitors ( Joseph (Yusuf)  dan Para pelamar )
Jan de Beer
Barber Institute of Fine Art, University of Birmingham

c. 1515-1520
137 x 137 cm
oil on panel

Lukisan ini menceritakan kisah Joseph (Yusuf) yang dipilih sebagai  suami yang pantas untuk Sang Perawan Mary/Maria. Dia digambarkan sebagai sosok yang rendah hati dan miskin diantara para pelamar lain dalam pakaian mewah. Joseph, lemah lembut dan berjiwa pemimpin, bersendal jepit dan topi jerami di dadanya ketika dia berdiri dengan yang lain sebelum Imam Besar. Detail kecil dari  bunga Lili putih dari tongkatnya menunjukkan vitalitas dan kesuburan, serta menandakan dirinya sebagai  pilihan Tuhan yang diinginkan.

Sumber : 

kingslan.com/newsletters/lilymeaning.pdf
 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
Silahkan tinggalkan komentar anda yang berhubungan dengan artikel.
No sara / pornografi.

Dabo Singkep

Welcome To Dabo Singkep Island

Sudah pernahkah kamu   mendengar sebuah pulau   bernama Dabo Singkep? Bagi yang sudah mendengarnya, mereka akan tahu dimana letak pu...