Sunday, April 12, 2015

Sinopsis Novel Fly By Night






Hallo semua apa kabar? 

Saya harap semua dalam keadaan suasana hati yang baik. Berbicara tentang suasana hati, suasana hati saya saat ini sangat baik. Oh ya, akhir-akhir ini saya sedang membaca sebuah novel yang cukup menarik bagi saya. Meski saya belum menyelesaikannya, saya malah ingin menulis sebuah sinopsis dari novel tersebut. Semoga bisa menjadi rujukan akan novel yang ingin teman-teman baca ataupun membeli novel. 


Ok, mari sedikit saya menceritakan kepada teman semua. 

Fly By Night atau terjemahannya “Terbang Malam”  adalah novel pertama yang ditulis oleh Frances Hardinge. Penuturan cerita di dalam novel tersebut sedikit rumit, ini menurut saya. Tapi...saya menyukai gaya bahasanya.  Meski saya tidak tahu alias buta dengan dunia politik yang digambarkan di novel ini, ketika saya membacanya saya membayangkan peristiwa yang terjadi pada tahun 1998 di Indonesia. Ketika runtuhnya zaman orde baru dan rakyat memasuki zaman reformasi. 



Untuk jelasnya tentang peristiwa tersebut, silahkan teman-teman searching lewat google bagi yang berkeinginan mengetahuinya ( karena saya buta tentang politik -_- )

Keadaan yang mirip peristiwa tersebut juga terjadi di dalam novel Fly By Night. Dimana sebuah negara yang bernama Mandelion terdapat sebuah peraturan untuk melarang buku-buku  dan kata-kata  yang tidak tunduk kepada penguasa. Bahkan orang bisa kehilangan kepala akibat kata-kata.  Seorang laki-laki yang bernama Quillam Mye dari kalangan ahli cetak menyeruakan pendapatnya lewat buku-buku karangannya atas ketidakadilan yang terjadi di Mandelion.  


Puncaknya, terjadi kerusuhan besar dan peristiwa berdarah di negeri tersebut. Quillam Mye dituduh penguasa sebagai dalang dari kekacauan yang terjadi. Akibatnya, Buku-buku yang ditulis oleh  Mye dimusnahkan--dibakar, bahkan sekolah miliknya pun dirobohkan. 

Mye menghilang dan Mandelion menjadi terpecah belah ke dalam negara-negara kecil dengan masing-masing dipimpin oleh seorang raja / ratu. Setiap seorang raja/ratu di dukung oleh masing-masing kelompok yang berpengaruh di negeri  itu. Kelompok tersebut aterbagi menjadi tiga kelompok adalah para ahli cetak, pekerja serikat air, dan para ahli kunci.



Mandelion pun menjadi sebuah negara yang tak utuh dan tak aman seperti dulu lagi. Namun, Quillam Mye meninggalkan warisannya yang sangat berharga, seorang anak perempuan satu-satunya yang bernama Mosca Mye. Mosca diasuh oleh paman dan bibinya di kota yang bernama Cough. 

Hidup bersama paman dan bibinya, tak lantas membuat Mosca bahagia. Ia tumbuh menjadi seorang anak dengan rasa keingintahuan  yang sangat besar. Dia  sangat menyukai buku.  Juga sangat besar rasa ingin tahunya atas apa yang telah terjadi pada ayahnya. 

Mosca memutuskan untuk kabur dari rumah pamannya dan meminta bantuan kepada Clent, seorang mata-mata yang diselamatkannya ketika Clent tertangkap.  Agar clent membawanya ke kota Mandelion, tempat ayahnya pernah hidup dan tinggal disana. Petualangan merekapun dimulai.

“Kebenaran itu berbahaya. Kebenaran bisa menggulingkan istana-istana dan membunuh raja-raja, bisa memicu amarah para lelaki terhormat, dan membuat mereka mengangkat lengan.
...................................................................................................................................................
“Sungguh berbahaya jika menjadi seorang pengungkap kebenaran. Kadang-kadang, seseorang harus memilih untuk diam, atau dipaksa diam. Namun, jika suatu kebenaran tidak dapat diungkapkan, setidaknya, kebenaran itu harus diketahui. Bahkan jika kau tidak berani mengungkapkan kebenaran kepada orang lain, jangan pernah berbohong kepada dirimu sendiri.”
( Fly By Night- halaman 136 ) 

Huaammmm.....cukup dulu postingan kali ini. semoga bermanfaat untuk semua. sampai jumpa di postingan berikutnya.  ^_^




Detail Buku :
Judul buku                  : Fly By Night
Pengarang                   : Frances Hardinge
Penerbit                       : QWERTY
Tahun                          : 2010
Jumlah halaman           : 412 halaman

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya...
silahkan tinggalkan komentar anda, yang berhubungan dengan artikel yang dibahas.
No sara / pornografi.

Popular Posts

Favorite

Langitanisa's bookshelf: read

Naruto, Vol. 01: The Tests of the Ninja
Love in the Time of Cholera
Lust for Life
The Mysterious Howling
Misteri Lemari Antik
Absolute Boyfriend, Vol. 01
Famous Five 16: Five Go To Billycock Hill
With This Ring
Warm Bodies
Christmas Stories
Golden Book
The Invention of Hugo Cabret
The Five Orange Pips
Death Note, Vol. 7: Zero
Death Note, Vol. 1: Boredom
Death Note, Vol. 5: Whiteout
Death Note, Vol. 8: Target
Bleach Volume 01: Strawberry and the Soul Reapers
Death Note, Vol. 2: Confluence
A Study in Scarlet

Kabarlingga.com