Saturday, February 23, 2019

Totem Hewan dan Maknanya



Totem merupakan makhluk roh, benda suci, atau simbol dari suku, klan, keluarga atau individu. Beberapa tradisi suku asli Amerika menyatakan bahwa setiap orang terhubung dengan sembilan hewan yang berbeda serta akan menemaninya sepanjang hidup, bertindak sebagai pemandu. Pemandu hewan  yang berbeda, juga disebut  roh pemandu /  kekuatan hewan-hewan, keluar dan masuk dalam  kehidupan  tergantung pada arah yang kita tuju dan tugas-tugas yang perlu diselesaikan sepanjang perjalanan. 
 
Keyakinan suku tersebut menjelaskan bahwa sebuah  totem hewan merupakan seekor hewan yang menyertai diri kita seumur hidup, baik di dunia fisik maupun dunia spiritual. Meskipun orang-orang  mengidentifikasikan dengan hewan pemandu  yang berbeda-beda sepanjang hidup mereka,  satu-satunya totem hewan  inilah yang bertindak sebagai roh pelindung utama. 

Melalui  satu hewan ini, sebuah hubungan  dibagi, baik melalui minat pada hewan, karakteristik, mimpi, atau interaksi lainnya. Hewan pemandu ini menawarkan kekuatan dan kebijaksanaan bagi individu ketika kita "berkomunikasi" dengannya, menyampaikan rasa hormat dan kepercayaan mereka. Ini tidak berarti bahwa  kita benar-benar menyentuh atau menghabiskan waktu dengan hewan ini, lebih dari itu, kita dapat  terbuka untuk mempelajarinya.

Totem itu sendiri adalah simbol yang mewakili hewan tersebut. Bisa berupa sejumlah barang, seperti lambang, tiang totem, patung kecil, dan batu yang diukir atau dicat, atau apa pun yang menggambarkan  hewan  pemandumu.
Dalam  budaya perdukunan ( Shamanic ), para dukun ( shaman ) percaya pada hewan-hewan sekutu atau hewan-hewan penolong. Hewan-hewan tersebut dapat melakukan komunikasi dengan shaman. Terkadang, hewan ini menjadi pelindung dan penuntun bagi shama saat sedang bepergian ke dunia lain maupun dunia fisik. Seorang shaman akan berhati-hati ketika melakukan perjalanan ke dunia lain. Ketika ia melihat seekor hewan seperti ikan, burung, atau makhluk lainnya berulang kali atau lebih dari tiga kali, ia mengetahui bahwa dirinya telah diterima oleh makhluk tersebut.

Shaman dapat memahami mengapa suatu hewan muncul selama meditasi atau perjalanan. Hewan itu mungkin muncul karena shaman membutuhkan bantuan dengan masalah pribadi, masalah perdukunan, atau beberapa peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Hewan-hewan pelindung tersebut datang dan pergi, terkadang tanpa penjelasan.

Hewan-hewan penolong juga terdapat dalam cerita dan legenda, salah satunya didalam legenda bangsa Celtik. Bangsa Celtik  percaya pada hewan-hewan sekutu atau hewan-hewan penolong, seperti yang ditunjukkan dalam legenda mereka. Mereka juga memiliki klan hewan. Banyak nama klan-klan Celtik mencerminkan nama hewan. 


Bagi sebagian orang, mengetahui apa hewan totem mereka hampir merupakan proses bawaan. Seolah-olah mereka selalu, entah mengapa tertarik pada hewan itu atau memiliki perasaan khusus terhadap energi hewan tersebut. Bagi yang lain, mereka bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui apa totem hewan mereka.

Berikut  ini beberapa pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri jika kamu bertanya-tanya apa  totem hewanmu :

1.Pernahkah kamu merasa tertarik pada satu hewan atau yang lain tanpa bisa menjelaskan alasannya? Ini bisa berupa semua jenis makhluk hidup, termasuk burung dan serangga.

2.Apakah jenis hewan tertentu secara terus menerus muncul dalam hidupmu? Ini tidak harus berupa penampilan fisik, itu bisa diwakili dengan cara lain, seperti menerima kartu dan surat dengan hewan yang sama  digambarkan berulang-ulang, mimpi yang tidak dapat dijelaskan tentang hewan tertentu, menonton televisi dan melihat hewan yang sama ditampilkan berkali-kali / benar-benar membuat hewan itu muncul.

3.Ketika kamu pergi ke kebun binatang, taman, area margasatwa, atau hutan, apa yang paling menarik untuk dilihat?

4.Adakah hewan yang menurutmu sangat menakutkan atau menarik?

5.Apakah ada hewan tertentu yang sering kamu lihat ketika kamu  berada di alam bebas?

6.Pernahkah kamu digigit atau diserang oleh hewan ?

7. Pernahkah kamu memiliki mimpi berulang-ulang tentang hewan tertentu, atau mimpi sejak kecil yang tidak pernah bisa kamu lupakan?

8.Apakah kamu  tertarik pada patung-patung atau lukisan binatang tertentu?

Jika kamu masih membutuhkan bantuan lagi, mintalah pada semesta sebuah mimpi  atau penglihatan  untuk melihat apakah ada sesuatu yang muncul. Juga mintalah kepada hewan  tersebut untuk menunjukkan diri kepadamu dan perhatikan apa yang mulai kamu lihat dari semua bentuk sumber : televisi, buku, papan iklan - ia tidak harus menjadi hewan yang sebenarnya. Apakah seekor hewan mulai sering muncul?

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa kamu tidak dapat memilih roh totemmu, melainkan hal tersebut sudah memilih atau ia telah  memilihmu. Roh memilihmu dan mereka memutuskan kepada siapa mereka akan menyatakan diri. Sebagian besar dari proses mengidentifikasi  roh hewanmu adalah memperhatikan masa lalu dan masa kini yang kamu jalani. Ini merupakan  proses dalam mengembangkan pengetahuan batiniah dan pemahaman spiritualmu.
Berikut ini daftar totem hewan bangsa Celtik yang terdapat dalam  legenda  dan mitos mereka :  

Ular ( Nathair ) : Ular telah lama dikaitkan dengan kebijaksanaan, reinkarnasi, dan kelicikan. Ketika kamu melihat seekor ular saat dalam perjalanan, bersiaplah untuk mengorbankan sesuatu / hal baik dalam kehidupanmu.

Luwak  ( Broc ) : Hewan ini pantang menyerah dalam menghadapi bahaya dan terkenal karena sifat keuletan dan keberaniannya. Luwak akan mengajarkan padamu untuk memperjuangkan apa yang kamu anggap benar  dan mempertahankan ide spiritualmu.

Kelelawar  ( Ialtag ) : Kelelawar dikaitkan dengan dunia bawah; radar pada  Kelelawar berfungsi  membantu hewan ini  untuk menghindari halangan dan rintangan, sehingga dapat mengajarkan dirimu  untuk melakukan hal yang sama.

Beruang (Arth ) : Bukti keberadaan Beruang sebagai hewan totem ditemukan dalam banyak desain Celtik; meskipun tidak disebutkan dalam legenda. Kata "arth", yang berarti "beruang", adalah kata dasar untuk  nama Arthur. Beruang terkenal karena kekuatan dan staminanya. Ini dapat membantu dirimu menemukan keseimbangan dan keharmonisan dalam hidup, serta  kekuatan untuk melakukan apa yang dibutuhkan.

Lebah ( beach ) : Lebah biasanya dikaitkan dengan madu, yang dibuat dari madu. Lebah merupakan hewan yang rajin, berpikiran tunggal ketika melakukan tugas, dan tak kenal takut saat mempertahankan rumahnya.

Blackbird ( Druid-dhubh, Lon Dubh ) : Legenda mengatakan bahwa burung-burung Rhiannon adalah tiga burung Blackbird, yang duduk dan bernyanyi di Pohon Dunia Lain. Nyanyian mereka membuat orang yang mendengarnya tertidur atau kesurupan yang memungkinkan orang tersebut pergi ke dunia lain. Blackbird melambangkan  makhluk yang memberikan pengetahuan rahasia mistik.

Banteng ( Tarbh ) : Sosok binatang yang umum dalam mitologi Celtik, Banteng melambangkan
kekuatan dan potensi. Dalam   ritual tertentu membutuhkan pengorbanan seekor Banteng putih. 

Kupu-kupu  ( Dealan-Dé ) : Didalam banyak budaya,  Kupu-Kupu disebut sebagai jiwa orang mati dan penjaga kekuasaan. Tidak ada energi negatif yang akan kamu alami ketika berada di dunia lain ketika kamu melihat kupu-kupu. Hewan ini  akan mengajarkan kamu  untuk membebaskan dirimu dari pembatasan yang diberlakukan oleh dirimu sendiri dan untuk melihat masalah yang sedang kamu alami dengan cara yang lebih baik ( jelas ).

Kucing ( Caoit, Cat ) : Banyak dari legenda Celtik menganggap kucing adalah hewan yang jahat, makhluk yang jahat, akan tetapi  mungkin karena kucing pada waktu itu belum bisa dijinakkan. Namun demikian, kucing dianggap sebagai hewan totem yang kuat dari beberapa klan; Caithness adalah nama klan setelah klan si Catti. Di Irlandia, Finn mac Cumhail dikatakan telah berperang dengan klan  yang orang-orangnya "berkepala kucing", mungkin orang Celtik yang memakai kulit kucing pada penutup kepala mereka. Kucing  adalah pelindung yang kuat, terutama ketika menghadapi situasi sulit.

Ayam ( Coileach ) : Dalam beberapa legenda Celtik, ayam mengusir hantu dan teror malam lainnya melalui kokokannya saat  fajar. Ini mewakili kekuatan kata untuk menghilangkan energi negatif.

Sapi ( Bo ) : Sapi merupakan hewan yang begitu penting bagi bangsa Celtik sehingga dianggap sebagai bentuk pertukaran mata uang. Para bangsawan Irlandia kuno dikenal sebagai Bo-Aire atau Tuan Sapi ( Cow-Lord ). Sapi juga dianggap sebagai hewan yang suci bagi pengikut Dewi Brigit. Sapi melambangkan kepuasan,  dan menyediakan kebutuhan sehari-hari.

Gagak  ( Badb, Rocas ) : Hewan ini harus dirawat dengan hati-hati. Seiring dengan gagak, sang gagak adalah simbol konflik dan kematian, pertanda buruk yang terkait dengan para Dewi seperti Macha, Badb, dan Morrigan. Kata Irlandia untuk gagak adalah “ Badb ”, yang juga merupakan nama dewi perang. Meskipun gagak merupakan pertanda buruk, burung tersebut  juga dianggap terampil, licik, berpikiran tunggal, dan pembawa pengetahuan. Salah satunya pengetahuan yang berharga ketika tipu daya dibutuhkan. Ia juga mengajarkanmu  untuk belajar dari masa lalu, tetapi jangan terjebak didalamnya.

Rusa (Fiadh) / Stag (Sailetheach, Damh) : Rusa jantan yang berwarna putih sering menjadi simbol pembawa pesan dan penuntun dari dunia lain. Sebagai hewan yang menuntun manusia yang tidak menaruh curiga padanya ke  alam gaib. Rusa melambangkan aroma yang tajam, kecepatan rahmat, dan kelembutan. Hewan ini mengajari manusia untuk mencapai tujuan melalui banyak cara tanpa harus dengan cara kekerasan / paksaan.

Anjing (Abach, Madadh) / Hound (Cù) : Anjing yang setia sering disebut dalam mitos Celtik, seperti Bran dan Sceolan, anjing milik Finn mac Cumhail. Anjing penjaga neraka, seperti Welsh Cwn Annwn milik Arawn, adalah seekor anjing berwarna  putih dengan telinga merah. Anjing penjaga dunia bawah selalu berlari dan menghukum mereka yang berbuat kesalahan. Anjing melambangkan keterampilan pelacakan, kemampuan untuk mencium jejak, dan persahabatan.

Lumba-lumba : Makhluk ini dikaitkan dengan dewa laut. Lumba-lumba juga berhubungan dengan mimpi serta keseimbangan, dan mengenali keseimbangan irama tubuh dirimu dengan alam.

Naga ( Piastras (payshtha), Horm ) : Naga memiliki berbagai variasi dalam mitologi Celtik-Inggris  daripada bentuk kakinya; kadang-kadang digambarkan sebagai ular air berbentuk cacing atau hewan buruk rupa. Ada banyak referensi tentang ular atau naga pada  mitos Celtik. Sebagian besar budaya menganggap naga adalah hewan penghuni gua, danau, dan inti bumi yang baik hati. Naga adalah simbol kuno dari kekayaan. Naga melambangkan kekuatan dari berbagai elemen, terutama bumi,  juga simbol harta karun dari alam pikiran bawah sadar, yang muncul ketika inisiasi ( pentasbihan ).

Elang ( Iolair, Fireun ) : Elang merupakan seekor burung yang terkenal karena kebijaksanaan dan umur panjang dalam cerita Celtik .  Elang melambangkan kecepatan, kekuatan, penglihatan yang tajam, dan pengetahuan sihir. Burung ini membantu dirimu untuk melihat kebenaran spiritual yang tersembunyi.

Belut (Eas-Ganu) : Belut disebutkan dalam beberapa legenda Celtik. Belut melambangkan kemampuan beradaptasi, kebijaksanaan, inspirasi, dan pertahanan.

Rubah ( Madadh-Ruadh, Sionnach ) : Dalam “ Taliesin’s  Song of  His Origins,”  Bard mengatakan bentuk hewan rubah adalah sebuah sindiran untuk kelicikan, kecerdikan, dan kemampuan rubah untuk menipu orang-orang yang mengejarnya. Kemampuan untuk mengawasi motivasi dan gerakan orang lain sambil tetap tidak teramati.

Katak ( Losgrinn ) : Dalam banyak budaya, katak adalah simbol perdukunan ( shamanism ) dan sihir. Ia dapat mengajarkan dirimu untuk melompat dengan cepat dari satu tingkat kesadaran ke tingkat lainnya, dari dunia ini ke dunia lain. Katak juga dapat membantu dirimu menemukan keberanian untuk menerima ide-ide baru, memelihara diri  sendiri, dan menemukan hubungan di antara gagasan.

Kelinci ( Gèarr / Coinean ) : Seekor hewan yang dikeramatkan oleh Dewi Andraste. Gerakannya terkadang digunakan untuk meramal; Boadiccea menggunakan kelinci untuk meramal sebelum pertempuran terakhirnya dengan Romawi. Kelinci melambangkan transformasi, penerimaan ajaran tersembunyi, dan pesan intuitif.

Kuda ( each ) : Hewan totem populer dari bangsa Celtik; serta hewan suci bagi para Dewi Epona dan Rhiannon. Kuda dianggap sebagai penuntun yang setia ke dunia lain. Kuda melambangkan stamina, daya tahan, dan kesetiaan.

Kadal  ( Dearc ) : Salah satu dari beberapa reptil yang dikenal membantu dukun ( shaman ). Kadal   melambangkan rencana bayangan yang dimanifestasi di mana peristiwa terus berubah bentuk dan pola. Jika kamu melihat seekor kadal dalam perjalanan, waspadai semua aktivitas di bawah permukaan terjadi di sekitarmu.

Tikus  ( Luch ) : Tikus sering disebutkan dalam cerita rakyat Celtic. Dalam satu cerita Welsh tentang Manawydan dan Pryderi, seekor tikus yang digambarkan berubah bentuk sebagai seorang istri dari ahli sihir yang bernama  Llwyd. Tikus melambangkan rahasia, kelicikan, rasa malu, kemampuan bersembunyi di saat-saat bahaya. Kehadirannya adalah isyarat akan perlunya memperhatikan detail-detail kecil, seperti cetak halus dalam kontrak atau makna ganda dalam kata-kata.

Burung Hantu ( Cailleach, Oidhche, Comachag ) :  Kata " Cailleach " dalam bahasa Skotlandia-Gaelik berarti "Burung Hantu". Burung Hantu sering menjadi pemandu untuk dunia bawah, ia merupakan makhluk yang tajam penglihatan di dalam kegelapan, pemburu yang diam dan cepat. Hewan ini dapat membantu dirimu menunjukkan siapa sesungguhnya orang-orang disekitar dirimu yang akan menipumu atau manfaatkanmu.

Babi ( Muc ) : Simbol dari makanan spiritual yang diperlukan untuk seorang shaman.

Salmon ( Bradan ) : Salmon adalah hewan yang sangat bijak dalam cerita rakyat Celtik. Seekor salmon yang memiliki pengetahuan  agung dikatakan berenang didalam sumur Segais, memakan Hazelnut mistis  yang jatuh kedalam sumur. Salmon itu berumur setua waktu, mengetahui masa lalu dan masa depan. Ketika pahlawan Irlandia Finn mac Cumhail membakar ibu jarinya dan meletakknya pada mulut Salmon, ia mendapatkan pengetahuan shamanic ( perdukunan ). Salmon mengajarimu bagaimana untuk menyentuh pengetahuan turun temurun dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tupai ( Feòrag ) : Hewan ini selalu bersiap untuk masa depan, ini  menunjukkan bahwa shaman juga melakukan hal tersebut dalam prakteknya. Terkadang menampilkan perubahan yang cepat, hingga kemalangan. Jadi remcanakanlah sebaik-baiknya agar waktu, energi, dan sumber yang kamu miliki tidak terbuang sia-sia.

Angsa  ( Eala ) : Angsa merupakan burung mistis dalam cerita-cerita Celtik. Angsa dihubungkan dengan musik dan nyanyian. Angsa juga membantumu dalam menafsirkan simbol-simbol didalam mimpi, perubahan, dan evolusi spritual.

Kura-kura : Kura-kura adalah hewan yang berjalan lambat, makhluk mitos, membawa perlindungannya dengannya terus-menerus. Mengajari  shaman untuk menjadi rendah hati, bagaimana untuk tetap selaras dengan energi-energi bumi, kebijaksanaan mengikuti siklus kehidupan, dan bersikap lembut dengan kebutuhan tubuh.

Serigala  ( Madadh-alluidh ) : Serigala melambangkan kelicikan, makhluk yang cerdas, dan pemburu yang mampu berburu. Ia dapat mengajarimu bagaimana untuk membaca tanda-tanda alam, bagaimana untuk melewati bahaya, bagaimana untuk melewati bahaya yang tak terlihat,bagaimana untuk mempermainkan seseorang yang bersikap jahat kepadamu , dan bagaimana untuk bertarung ketika dibutuhkan. Terkadang, dunia terlihat bagai sebuah perjalanan yang akan membimbingmu pada seorang  guru dan pendamping spritual.
***
Sekian postingan dari saya dan semoga bermanfaat.
Sumber :
By Oak, Ash, & Thorn - D.J. Conway






No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
Silahkan tinggalkan komentar anda yang berhubungan dengan artikel.
No sara / pornografi.

Dabo Singkep

Welcome To Dabo Singkep Island

Sudah pernahkah kamu   mendengar sebuah pulau   bernama Dabo Singkep? Bagi yang sudah mendengarnya, mereka akan tahu dimana letak pu...