Sunday, April 29, 2018

Alfabet Sufi : Simbol dan Maknanya Bagian 1






Alif
ا
Alif mewakili angka 1 dan termasuk kedalam elemen api.
Karena bentuknya, Alif menyerupai angka 1. Ini melambangkan diri Tuhan seperti ketunggalan-Nya. 
Dengan demikian,  huruf ini adalah pola dasar dari semua alfabet, yang juga  diidentifikasi                             dengan Adam, bapak dari umat manusia ( dan beberapa tanda diakritik huruf lainnya diidentifikasi dengan Hawa).

Tiga posisi utama dari shalat adalah:
Berdiri, seperti alif
 Rukuk , seperti  dal
 Bersujud, seperti mim 

Ketiga huruf ini juga membentuk nama Adm (Adam). Menurut Sufi Ibn Ata Allah Abbas (w. 1309):
 "Nama ini (Alif) berasal dari kata Ulfa (  teman baik), karena menyatukan dan menyetujui (ta'lif) dengan huruf-huruf lain".

 Huruf Alif  juga simbol dari setan, karena ia  tidak tunduk  kepada perintah Tuhan ( bentuk huruf Alif yang tegak lurus ). Syeikh ad-Dabbaagh menulis tentang huruf  ini bahwa "Alif berhubungan dengan perintah ketaatan, yang merupakan bagian dari perjanjian.”  
                                                  

Ba = b
ب -با
 Huruf Ba melambangkan angka 2 dan termasuk kedalam elemen udara.
Sama seperti  huruf Alif yang berbentuk vertikal pertama, Ba adalah huruf horizontal pertama dan cocok untuk mewakili huruf lain seperti Ta, Tha dan Nun, sesuai dengan tanda diakritik yang ditempatkan di atas atau di bawah stroke.

Ini adalah huruf awal yang luar biasa, karena merupakan pembukaan kata “Basmala” (Dalam Nama Tuhan, Maha Pemurah, Maha Penyayang), formula yang digunakan untuk semua surat Al-Qur'an, kecuali awalan pada  surat Al-Qur’an yang kesembilan. Alkitab, kebetulan juga dimulai dengan huruf B.

Tanda diakritik yang ditempatkan di bawah goresan melambangkan bagi Sufi, yaitu asal, inti dan ada menjadi segala sesuatu, dalam persamaannya dengan agama Hindu dari Tantris dan Yoga. Karena alasan ini secara teoritis beberapa orang Muslim cenderung percaya bahwa isi dari semua kitab suci yang diwahyukan:

Ditemukan dalam Al Qur'an.
Pada gilirannya bahwa isi Al Qur'an ditemukan dalam surat pertama Al-Qur’an, yaitu Al-Fatihah.
Bahwa semua isi dari Fatihah ada di Basmala.
Seluruh isi Basmala adalah bagian tertutup dari titik huruf  B yang tersembunyi.

Tafsiran ini diterima oleh, antara lain, Abdullah ibn Mas'ud (abad ke-7) dan Abd al-Karim al-Jili (w. 1494), huruf B dari Bismi melambangkan keindahan Allah yang memukau (Bahaa’), S melambangkan kebesaran (Sanaa’) dan L melambangkan kedaulatan (Mamlaka).
Menurut syaikh ad-Dabbaagh, huruf Ba sesuai dengan kedamaian batin, yang merupakan bagian dari pesan suci tersebut.


Ta = t
ت
Huruf  Ta melambangkan angka 400 dan termasuk kedalam elemen udara.
Huruf  ini memiliki nilai esoteris yang besar, terutama bagi para Sufi, karena ini adalah huruf pertama dari istilah tauhid, suatu cabang ilmu dalam islam tentang Keesaan Tuhan (wahda) dan karenanya melambangkan monoteisme, iman dalam Keesaan Tuhan. Ta  juga melambangkan keadaan ekstasi, penemuan dan kembali kepada Tuhan (tawba). 

Dalam hal ini, seorang sufi besar bernama Hosayn Mansur al-Hallaj (857-922) menulis sebuah puisi (Muhatta'at # 40 dengan sebuah syair mim) dimana Hallaj menelusuri kata “Tauhid” melalui enigma: 

3 huruf tanpa tanda diakritik, 2 dengan tanda diakritik dan ini adalah seluruh pembicaraan. Yang pertama menunjuk mereka yang menemukannya dan yang lainnya berfungsi untuk melayani semua orang untuk menyetujuinya. Seperti huruf-huruf lainnya, ini adalah misteri yang begitu gelap, dimana tidak ada lagi sebuah pertanyaan dari perjalanan ataupun pemberhentian.”

Berdasarkan penjelasan diatas, kami mencatat bahwa dalam bahasa Arab istilah “Tauhid” ditulis dengan 2  huruf, yang masing-masing memiliki dua tanda diakritik, Ta dan Ya, dan 3 huruf tanpa tanda: Waw, Ha dan Dal. Syekh ad-Dabbaagh mengatakan tentang Ta yang berhubungan dengan kesempurnaan indera tubuh, yang menjadi bagian dari sebuah keadaan Adam.


Tha = th
ث
Dalam ilmu rahasia huruf-huruf, Tha melambangkan angka 500 dan termasuk kedalam elemen air. Tha juga simbol dari penggabungan.
Syekh ad-Dabbaagh mengatakan bahwa Tha berhubungan dengan keadilan, yang merupakan bagian dari perjanjian.


Jeem = j
ج
Huruf ini melambangkan angka 3 dan termasuk kedalam elemen air.
Dalam seni tajwid (melafalkan Al-Qur'an) huruf Jim memiliki karakteristik kemerduan, tekanan suara dan  pelunakan juga antonim dari getaran, lirih dan terbuka.
Syekh ad-Dabbaagh memberi tahu kita bahwa ‘Jim’ berhubungan dengan kesabaran, yang merupakan bagian dari nubuat.


Ha = h
ح
Huruf ini melambangkan angka 8 dan termasuk kedalam elemen bumi.
Huruf  Ha  melambangkan intuisi manusia, memiliki makna esoterik bagi para Sufi, karena ini adalah huruf pertama dari kata kerja Habba (cinta): "Inna Allah jameel yuhibbu al-jamaal", yang artinya "Sesungguhnya Tuhan itu indah dan mencintai keindahan". 

Demikian juga pepatah: "Habba man habba wakariha man kariha" atau "Dia mencintai siapa pun yang Dia pilih dan Dia membenci siapa pun yang Dia inginkan".

 Huruf “Ha” menunjukkan esensi dalam menggambarkan kehadiran dan keberadaan ( wujud/kehidupan ).
Syekh ad-Dabbaagh memberi tahu kita bahwa Ha berhubungan dengan  ampunan/rahmat, yang merupakan bagian dari nubuat.


Kha = kh
خ
Menurut ilmu rahasia huruf-huruf,  ‘Kha’ mewakili angka 600 dan termasuk kedalam elemen  bumi. Dalam sastra esoterik dari persaudaraan Sufi huruf Kha melambangkan kebaikan abadi (khayr daa’im). Syekh ad-Dabbaagh memberi tahu kita bahwa ‘kha’ berhubungan dengan pengalaman (rasa) dari cahaya, yang merupakan bagian dari roh.

Dal = d
د
Huruf  ini melambangkan angka 4 dan termasuk kedalam elemen bumi.
Menurut para sufi dan dalam kontemplasi dari “Hurufi” Dal melambangkan keseimbangan dari semua hal yang diciptakan.

 Dal / D  adalah huruf awal dari kata kerja “daaba fi aaw 'alaa” (bekerja; tugas; berkomitmen; berupaya pada sesuatu untuk seseorang;  bekerja dengan komitmen, melakukan sesuatu dengan usaha ; bekerja tanpa henti,  mencurahkan tenaga,  mendedikasikan diri, menjadi konstan; menjadi terbiasa). 

Di dunia esoteris, huruf ini mewakili kondisi duniawi manusia yang dipaksa untuk bekerja di bidang hal-hal materi, tetapi juga harus berevolusi secara rohani dan berusaha untuk berperilaku dengan cara terbaik di antara banyak tantangan dan godaan.
Syekh ad-Dabbaagh memberitahu kita bahwa ‘Dal’ berhubungan dengan kemurnian/kesucian, yang merupakan bagian dari roh.


Dhal = dh
ذ
Dalam “Elm al-Horuf” Dhal / Dh mewakili angka 700 dan termasuk kedalam elemen api.
Dalam pengetahuan esoterik sufi Dhal melambangkan inti ide,  inti dari sesuatu.
Syekh ad-Dabbaagh memberi tahu kita bahwa Dhal berhubungan dengan pengetahuan bahasa, yang merupakan bagian dari ilmu pengetahuan.


Ra = r
ر
Huruf ini melambangkan angka 200 dan termasuk kedalam elemen  bumi.
Ra / r melambangkan sebuah bagian / pesan ( sura ).
Syekh ad-Dabbaagh memberi tahu kita bahwa 'Ra' berhubungan dengan  sebuah tindakan budi pekerti yang tinggi akan penaklukan terhadap diri sendiri (ego), yang merupakan bagian dari pengembangan.


Za = z
ز
Za melambangkan angka 7 dan termasuk kedalam elemen air.
Huruf ini melambangkan pencapaian. Dalam alkimia esoterik Za mewakili proses perubahan, karena itu adalah huruf awal dari istilah :
 merkuri (zaybaq), vitriol (zaaj), asam sulfat (zayb, zaagin ). 'Zaar' juga merupakan suatu pengalaman pengusiran setan yang dilakukan oleh wanita.
Syekh ad-Dabbaagh memberi tahu kita bahwa Za berhubungan dengan ketulusan terhadap semua orang, yang merupakan bagian dari pesan suci.

Seen = s
س
Dalam ilmu rahasia huruf-huruf, Seen melambangkan angka 60 dan termasuk kedalam elemen air, meskipun di Afrika Utara diyakini termasuk kedalam elemen api. Huruf ini melambangkan Kemuliaan Tuhan.
Syekh ad-Dabbaagh memberi tahu kita bahwa 'Seen' berhubungan dengan tindakan 'menurunkan sayap kelembutan dengan kebaikan', yang merupakan bagian dari pengembangan.


Shin = sh
ش
Dalam ilmu rahasia huruf-huruf, Shin melambangkan angka 300 dan termasuk kedalam elemen api, sementara di Afrika Utara diyakini termasuk kedalam elemen bumi. 'Shin' atau sh adalah singkatan dari Sharia ( jalan, cara ). Dalam pengetahuan esoterik Sufi, huruf ini melambangkan nasib pribadi.
Syekh ad-Dabbaagh memberi tahu kita bahwa ‘shin’ berhubungan dengan kekuatan penuh dalam introversi, yang merupakan bagian dari kontraksi.


Saad = s
ص
Dalam “Ilm al-Horuf” Saad melambangkan angka 90 dan termasuk kedalam elemen air.
Huruf ini melambangkan ketulusan dan kebenaran.
Syekh ad-Dabbaagh memberi tahu kita bahwa Saad berhubungan dengan alasan sempurna, yang merupakan bagian dari keadaan Adam.

To be continue......
Note :
Jika terdapat kesalahan dalam penerjemahan tulisan diatas, mohon  mengunjungi sumber asli dari tulisan dibawah ini  
https://makashfa.wordpress.com/2012/07/27/sufi-alphabets-and-symbols/




 







No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
Silahkan tinggalkan komentar anda yang berhubungan dengan artikel.
No sara / pornografi.

Dabo Singkep

Welcome To Dabo Singkep Island

Sudah pernahkah kamu   mendengar sebuah pulau   bernama Dabo Singkep? Bagi yang sudah mendengarnya, mereka akan tahu dimana letak pu...