Tuesday, January 28, 2014

Matikan Lampu Sebelum Tidur !!!


anime, couple, love, sleeping, dream, sweet





Tidur merupakan salah satu aktivitas yang tak bisa dilepaskan dari siklus kehidupan manusia. Kita  membutuhkan tidur normalnya 7-8 jam dalam satu hari semalam.  Ada berbagai kebiasaan kecil yang kita lakukan  sebelum  tidur, dari mulai menyikat gigi, membaca, ataupun minum dan makan sesuatu yang manis. 

Salah-satu kegiatan yang sebagian besar dilakukan oleh orang-orang sebelum tidur adalah mematikan lampu.

Mungkin jika kita tinjau kegiatan mematikan lampu sebelum tidur, adalah kegiatan yang wajar dan tidak berdampak apapun bagi kita.

Tapi tahukah kamu bahwa seseorang yang tidur dengan mematikan lampu  itu mereka lebih sehat dari pada orang yang tidur dengan membiarkan lampu tetap menyala?

Mengapa demikian?

Biasanya, tidur terjadi pada waktu malam hari ketika cahaya menghilang dan datang gelap.
Sedangkan di dalam tubuh manusia terdapat sebuah hormon yang bernama hormon melatonin.  Hormon melatonin adalah hormon yang berfungsi sebagai penyebab terjadinya manusia dalam keadaan mengantuk dan tertidur. 

Saat manusia dalam keadaan tidur, tubuh juga akan bekerja menghasilkan hormon pertumbuhan. Dalam  keadaan gelaplah, maka tubuh kita akan merangsang hormon melatonin dan hormon pertumbuhan.

Dan seseorang mesti bangun sebelum matahari terbit sehingga rangsangan terhadap hormon melatonin terkontrol.

Para dokter dan ilmuwan juga menyarankan untuk mematikan lampu ketika tidur / menggunakan lampu yang memancarkan sedikit cahaya sehingga saraf-saraf menjadi tenang dan otot-otot menjadi santai, sehingga orang akan tertidur dengan nyenyak.

Sedangkan, ketika kita tertidur pada waktu lampu menyala, cahaya dari sebuah lampu penerangan tentu akan menghambat terangsangnya hormon melatonin yang selanjutnya menyebabkan berbagai penyakit ketika tidur, dan menyebabkan berkurangnya rangsangan terhadap hormon pertumbuhan. 

Cahaya dari lampu juga akan menyebabkan seseorang yang ketika tidur akan menghirup udara yang sedikit kandungan oksigennya dan banyak mengandung karbondioksida.  

Apabila tubuh kita tidak tidur dengan tenang, zat racun yang terkumpul dalam tubuh pada waktu terbangun tidak akan hilang dan hal tersebut menyebabkan malas untuk bangun pada pagi hari. 

Itulah mengapa, sebaiknya kita tidur dalam keadaan gelap atau dengan penerangan yang sedikit cahaya.

Tahukah kamu? 

Jauh sebelum para dokter dan ilmuwan menemukan fakta-fakta tersebut, Rasulullah saw sudah menerangkannya dalam sebuah hadits. 

Rasulullah saw bersabda:
“Apabila malam telah datang atau kalian berada pada sore hari, jagalah anak kalian karena setan-setan pada saat itu berkeliaran. Tutuplah pintu-pintu kalian, ingatlah nama Allah karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup. Tutuplah bejana-bejana kalian dan matikanlah lampu-lampu kalian.”
( H.R Imam Al Bukhari )

“Sesungguhnya, api adalah musuh kalian.
Oleh karena itu, apabila kalian tidur, matikanlah oleh kalian api tersebut.”
( H.R Muslim )

Subhanallah, suatu pengajaran yang sangat berarti bagi kita semua sebelum para ilmuwan dan dokter menemukannya. Rasulullah saw sudah mengisyaratkan kenyataan tersebut sebelum orang mengetahui arti dan maksudnya sedikit pun.

That’s amazing.....^^

Sumber :
Ibrahim, Ahmad Syawqi.2010.”Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Hadits Nabi Jilid 8”.Bandung : Sygma Publishing.










1 comment:

Terima kasih telah mengunjungi blog saya...
silahkan tinggalkan komentar anda, yang berhubungan dengan artikel yang dibahas.
No sara / pornografi.

Popular Posts

Favorite

Langitanisa's bookshelf: read

Naruto, Vol. 01: The Tests of the Ninja
Love in the Time of Cholera
Lust for Life
The Mysterious Howling
Misteri Lemari Antik
Absolute Boyfriend, Vol. 01
Famous Five 16: Five Go To Billycock Hill
With This Ring
Warm Bodies
Christmas Stories
Golden Book
The Invention of Hugo Cabret
The Five Orange Pips
Death Note, Vol. 7: Zero
Death Note, Vol. 1: Boredom
Death Note, Vol. 5: Whiteout
Death Note, Vol. 8: Target
Bleach Volume 01: Strawberry and the Soul Reapers
Death Note, Vol. 2: Confluence
A Study in Scarlet

Kabarlingga.com