Wednesday, December 26, 2018

Magical of Plants : Seni Memahami Tanaman




Penting untuk mengerti cara khusus yang sama-sama dimiliki oleh manusia dengan dunia fisik sesuai dengan pendapat orang-orang kuno. Dengan cara yang sangat harfiah, mereka percaya bahwa semua yang ada didalam diri kita berhubungan dengan alam. Misalnya, cacing, berbentuk seperti usus dan memproses materi juga seperti usus. 

Paru-paru yang memungkinkan kita bergerak bebas melalui udara dengan kebebasan seperti burung, berbentuk sama dengan seekor burung. Dunia yang terlihat adalah kemanusiaan yang terbalik. Paru-paru dan burung merupakan ekspresi dari jiwa kosmis yang sama,tetapi dalam wahana berbeda. Maka, menurut pandangan orang kuno, semua biologi adalah astrobiologi. 


Hari ini kita tahu dengan sangat baik bagaimana matahari memberikan kehidupan dan kekuatan bagi makhluk hidup, mengeluarkan tumbuhan dari benihnya, mencungkilnya untuk  terkuak ke atas, tetapi orang-orang kuno juga percaya bahwa kekuatan bulan sebaliknya, cenderung untuk meratakan dan melebarkan tumbuhan. Tumbuhan berumbi seperti ubi diduga sangat terpengaruh oleh bulan. Mungkin ini lebih mengherankan, bentuk rumit dan simetris dari tumbuhan dipercaya disebabkan oleh pola yang dibuat gemintang dan planet ketika mereka bergerak di langit.

Demikian pula dengan bentuk tubuh manusia yang menurut pandangan kuno terpengaruh oleh pola yang dibuat di langit oleh bintang-bintang dan planet-planet. Pergerakan planet-planet, misalnya tertulis pada tubuh manusia dalam bentuk tulang rusuk  dan saraf sentripental.

Para penulis kuno dari ilmu sihir dan astrologi telah banyak menulis petunjuk untuk mengumpulkan tanaman obat dan tanaman-tanaman lainnya pada waktu-waktu tertentu selama bulan bertambah besar dan penuh juga selama bulan memudar. Akan tetapi, banyak ahli dan orang-orang terpelajar modern menolak rumusan tersebut dan lebih percaya kepada pengetahuan tentang tanaman itu sendiri.  Orang-orang dahulu kala meyakini bahwa  pengaruh bintang pada tanaman sangat mendominasi  untuk kemanjuran berbagai obat-obatan yang digunakan dalam apotek astrologi mereka.

Seorang ahli sihir dari Inggris menerbitkan sebuah karyanya tentang ramalan  garis tangan (chiromancy) pada tahun 1671. Ia  bersikeras dalam kata pengantar karyanya mengatakan bahwa setiap tanaman bersifat / berperilaku mirip dengan sebuah bagian dari kerangka manusia, dan  tanaman tertentu yang  memiliki bentuk sama dengan bagian tubuh manusia, tanaman tersebut dapat menyembuhkan penyakit yang menyerang bagian tubuh tersebut. Ia memberikan beberapa ilustrasi dari pendapatnya. Bahasa  dari buku tersebut  telah dibuat menjadi lebih modern dari yang pada awalnya aneh dan kuno. Lebih lanjut fakta-fakta  akan ajaran yang dituliskan oleh penulis, para pembacalah yang dapat memastikannya sendiri melalui percobaan. Berikut ini contoh beberapa tanaman yang memiliki kemiripan dengan bagian tubuh manusia : 



Tanaman Maiden Hair dan The Moss of Quince mirip dengan urat-urat yang terdapat pada bagian kepala manusia. Oleh karena itu, ramuannya bagus untuk kebotakan. Tumbuhan yang mirip dengan bentuk jantung manusia seperti  Citron-apple, Fuller's Thistle, Nar/Nardin ( Spikenard ), Balm, Mint, Bit putih, Peterseli, dan Motherwort, yang beruang di daun dan akar berbentuk seperti jantung cocok untuk organ tersebut. Rempah-rempah yang mirip dengan bentuk paru-paru, seperti Sage, Lungwort, Hounds-tongue, dan Camphrey, bagus untuk keluhan paru-paru. 



Sayur-sayuran yang berbentuk mirip telinga manusia, seperti daun Forefoot atau Nar/Nardin liar ( Wild Spikenard ) lebih baik disajikan sebagai  hidangan dan dimakan, dapat meningkatkan pendengaran dan ingatan. Minyak yang diekstraksi dari cangkang siput laut, yang memiliki bentuk seperti lengkung dan lekukan telinga manusia, juga sangat bagus untuk menyembuhkan ketulian.
Tanaman-tanaman yang  menyerupai hidung dalam susunan / bentuk mereka, seperti daun Wild Water Mint; mereka bermanfaat dalam memulihkan indera penciuman. Tanaman tertentu yang memiliki kemiripan dengan rahim -- seperti Birthwort atau HeartAvort, Ladies 'Seal atau Briony, dan lain-lain sangat bagus untuk organ tersebut.




Semak dan rempah-rempah yang mirip seperti  kandung kemih dan empedu sangat baik untuk organ tersebut,  seperti  Night-shade, Alkakenge dan Nux Visicaria. Rempah-rempah  yang berbentuk mirip limpa, seperti Miltwort, Spleenwort, dan Lupin, dianjurkan  untuk menguatkan bagian-bagian dalam organ perut manusia. Tanaman yang berbentuk hati, seperti rempah-rempah Trinity, Liverwort, Agarick, fermitory dan Figs,  berkhasiat pada penyakit-penyakit didalam empedu.

Kenari,  Nuts, Leeks dan akar Ragwort, karena bentuknya, dikatakan  para orang tua dahulu selalu mempersiapkannya untuk anak-anak mereka dikemudian hari sebagai obat untuk mencegah kemandulan. Rempah-rempah dan biji-bijian yang bentuknya seperti gigi, seperti Toothwort, Pine Kernel, dan lain-lain berkhasiat untuk memelihara kesehatan gigi.
Sayuran yang menghasilkan minyak, seperti Filbert, Walnut, Almond, dan lain-lain memelihara  tubuh. Tanaman yang secara alami bentuknya kurus dan langsing bermanfaat untuk melangsingkan tubuh seperti Sarsaparilia atau long-leaved Rosa Solie. Dan sebaliknya, tanaman yang berdaging atau berbentuk gemuk, dikatakan bagi orang-orang yang memakannya dapat menambah berat badan mereka, seperti Bawang, Bawang Perai (Leek) dan Colewort. Tanaman-tanaman tertentu seperti Jelatang, akar Malloras, rempah-rempah Neuras, dan lain – lain  dapat menguatkan saraf-saraf tubuh.

 
Tanaman yang memiliki rongga / lubang seperti dan lain-lain sangat baik untuk membersihkan, membuka, dan menenangkan bagian-bagian tubuh yang berongga.  Tanaman berbentuk  seperti buku-buku jari atau sendi, seperti Laos dan "Snotty Odoriferous Rush (Calamus,) baik untuk sakit di tulang belakang, penyakit ginjal,  pembengkakan lutut, dan sakit nyeri sendi.

***
Sekian postingan dari saya,  semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi...

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
Silahkan tinggalkan komentar anda yang berhubungan dengan artikel.
No sara / pornografi.

Dabo Singkep

Welcome To Dabo Singkep Island

Sudah pernahkah kamu   mendengar sebuah pulau   bernama Dabo Singkep? Bagi yang sudah mendengarnya, mereka akan tahu dimana letak pu...