Saturday, March 9, 2019

Nama - Nama Iblis Dalam Berbagai Budaya dan Agama





Iblis adalah makhluk yang luar biasa, sederhana dalam rancangan dan niatnya — untuk menumbuhkan dan mengembangkan  kejahatan sedemikian rupa serta  merusak kebaikan  manusia dan menyebabkan kehancuran yang dianggap murni dan baik.
Demonologi, studi tentang setan, telah keluar dan masuk sepanjang waktu dengan umat manusia selama berabad-abad. Bukan hanya dalam agama Kristen dan Yudaisme kita menemukan daftar setan dan pelayan rendah, tetapi juga Ashurisme, Budha, Hindu, Islam, Kemetik, Vodou, dan Zoroastrianisme. Setan muncul dalam mitologi dan pengetahuan hampir setiap masyarakat kuno, seperti Afrika kuno, Asiria, Cina, Yunani, Jepang, Maya, Persia, Romawi,  Skit dan sebagainya.

Dalam agama, mitologi, okultisme, dan cerita rakyat, demon ( dari bahasa Yunani δαίμων, daimôn) adalah makhluk supernatural yang bukan merupakan manusia dan biasanya digambarkan jahat. Banyak demon dalam sastra awalnya merupakan malaikat yang jatuh. Salah satu kisah yang terkenal adalah 72 iblis milik Raja Solomon agung. Iblis-iblis milik Solomon biasanya disegel dalam bejana yang terbuat dari timah dan perak tergantung kedudukan dari iblis tersebut. Makhluk-makhluk ini memiliki tingkatan dan mendiami planet-planet tertentu.


Menurut mitologi aslinya, setan-setan vampir  jahat ini dikatakan telah diciptakan dalam dimensi seperti neraka atau digambarkan sebagai agen-agen  kejahatan yang bekerja secara langsung melawan kepentingan terbaik umat manusia. Tak sedikit dari makhluk-makhluk tersebut dapat dipanggil ( summon ) untuk berbagai kepentingan pribadi manusia.  Tidak masalah dimana pun  duniamu,  titik waktu dimana kamu berdiri, agama apa yang kamu yakini atau praktik ( jika ada ), maupun kedudukan sosial , atau apakah kamu  adalah laki-laki atau perempuan — setan adalah penyokong amoralitas, dosa, dan kejahatan. Secara historis, orang memahami dan menerima ini tentang Demonialitas dengan sedikit atau tanpa penjelasan yang diperlukan.
Berikut ini nama-nama dari iblis dalam berbagai budaya dan agama :


A
Aisha Qandisha
Nama Lain : Aiesheh Ghedishe, Aisha Qadisha, Ghedishe, Jinniya.
Kemungkinan besar, ia adalah vampir dan dewi setan  ( seorang Jinniya/ Jin wanita ) berasal dari kota kuno Carthage. Nama Aisha Qandisha, jika diterjemahkan berarti "penuh kasih untuk disiram," karena ia ditutupi dengan air mani. Namanya berhubungan dengan Qadesha, perempuan yang bebas secara seksual di kuil kanaan yang melayani Dewi Astarte.

Dia seperti Succubus yang dikaitakan dengannya, digambarkan sebagai makhluk yang cantik, tetapi  di daerah sepanjang pantai utara –sekarang adalah Maroko , Aisha Qandisha juga dikatakan memiliki kaki seperti kaki kambing. Ia dapat  ditemukan di dekat sumur dan saluran air --  menari liar, bertelanjang dada, dengan penuh gairah mempesona siapa pun yang akan membiarkannya. Segera jiwa-jiwa malang ini akan menemukan diri mereka menjadi budak seksualnya. Pria yang terbujuk olehnya akan menjadi impoten dan kehilangan minat pada semua wanita lain. Dia memiliki seorang teman tetap, seorang jin bernama Hammu Qaiyu.  

Sebagai seorang dewi, dia tidak bisa dihancurkan, hanya bisa diusir dengan cara menusuk kuat-kuat sebilah pisau besi  ke dalam tanah sebelum menjadi terpesona oleh kecantikannya. Bagi seorang pria untuk mematahkan pesonanya, ia harus menanggung pengorbanan ritual dan memasuki keadaan tak sadarkan diri / kesurupan dimana ia harus melihat dirinya membelah kaki kambing sang dewi. Setelah itu, ia kemudian harus menusuk pisau besi ke tanah, mematahkan cengkeramannya di atasnya.
( Sumber: Crapanzano, The Hamadsha; Gregg, Culture and Identity, 262; Gulick, The Middle East, 181; Westermarck, Pagan Survivals, 21–31 )

Al-A’war
Menurut Al-Quran, Al-A'war ( The Oneeyed / Si Mata Satu ) adalah seorang jin dan salah satu dari lima anak laki-laki iblis. Ia dianggap sebagai iblis kebejatan.
( Sumber: Cramer, Devil Within, 292; Singer, Jewish Encyclopedia, 521; cabarn, SIsInids, the Byzantines, the Lakhmids, and Yemen, 75.)

B
Babi
Nama Lain : Bab, Babay, Bapho, Bebon, Seth.
Berasal dari Kerajaan Mesir kuno, didalam Kitab Kematian ( Books of the Dead ) dan  Book of Going Forth by Day, Babi ( banteng / babun) adalah dewa iblis kegelapan. Ia merupakan putra sulung dari Osiris dan Isis, dan memiliki penampilan fisik seperti babon, ia menjadi simbol agresi dan kejantanan.
Babi mengendalikan kegelapan dan dipanggil oleh orang Mesir kuno untuk memberikan perlindungan pada dunia bawah terhadap ular dan saluran air berbahaya.
Penisnya adalah baut pada pintu-pintu yang membuka langit dan juga digunakan sebagai tiang pada kapal di dunia bawah. Selama upacara Penimbangan Hati, di Hall of Double Truths, mereka yang berada dialam roh akan menggunakan mantra perlindungan terhadap Babi yang kejam dan haus darah, ketika ia melahap isi perut manusia dan jiwa-jiwa yang tidak layak.
( Sumber : Hart, Routledge Dictionary of Egyptian Gods and Goddesses, 44; Jordan, Dictionary of Gods and Goddesses, 43; Lurker, Dictionary of Gods and Goddesses, 53; Pinch, Egyptian Mythology, 112–3, 138. )

Bali
Bali merupakan setan malam hari dari dunia bawah, serta raja dari Daityas dalam demonologi India. Seorang pelayan di bawah Dewa Wisnu, Bali dikenal karena kebajikannya yang agung. Dia memiliki penampilan seperti keledai dan setahun sekali dia kembali kepada orang-orangnya untuk menyalakan sejuta lampu simbol dari  kegelapan rasa amarah, ego, keserakahan, ketidaktahuan, kecemburuan, kemalasan, dan nafsu untuk diubah oleh cahaya persahabatan, harmoni , pengetahuan, kedamaian, dan kebijaksanaan.

 Bali tumbuh begitu kuat sehingga dewa-dewa lain takut padanya. Jadi Wisnu pergi kepada  iblis tersebut dan  menyamar sebagai kurcaci dan bertanya apakah dia bisa memiliki semua tanah milik Bali jika ia mampu menutupi semua daratan dalam tiga langkah kakinya. Bali menyetujui untuk memberi tanahnya dan Wisnu mengungkapkan dirinya dengan segala kemuliaan. Langkah kaki pertama Wisnu meliputi seluruh bumi. Langkah keduanya meliputi seluruh langit. Sebelum dia bisa mengambil langkah ketiga dan terakhirnya, Bali menawarkan kepalanya harus diinjak dan dihancurkan, sehingga memaksa Wisnu untuk berhenti. Alih-alih membunuhnya, dewa menendangnya ke dunia bawah, tetapi memberinya pelita dan sebuah janji bahwa ia akan kembali ke bangsanya setahun sekali.
( Sumber : Chopra, Academic Dictionary of Mythology, 47; Lurker, Routledge Dictionary of Gods and Goddesses, 30; Singh, Encyclopaedia of Hinduism, 2520, 2523; Turner, Dictionary of Ancient Deities, 91. )

Buta Cakil
Dari mitologi Indonesia, muncul setan-setan yang dikenal sebagai buta cakil, yang dinamai dengan gigi taring mereka. Mereka menyerang hewan dan manusia. Adalah kewajiban agama, para imam kasta rendah ( Sanghuhu ) untuk menenangkan mereka.
( Sumber: Atmosumarto, Learner’s Comprehensive Dictionary of Indonesian, 80; Knappert, Pacific Mythology,38.)

C
Carabia
Nama lain : Decarabia
Carabia adalah Marquis Agung dari demonologi Kristen, memerintah tiga puluh legiun iblis. Ketika dipanggil, dia akan muncul sebagai pentagram tetapi akan mengambil bentuk manusia atas permintaan pemanggilnya. Dia mengajar herbologi dan gemologi dan dapat mengubah bentuk menjadi semua jenis burung.
( Sumber : De Laurence, Lesser Key of Solomon, Goetia, 44; Icon, Demons, 46; Scot, Discoverie of Witchcraft, 224.)


D
Dajjal
Nama lain: Ad-Dajjal ( Nabi Palsu /  Penipu ).
Nama  Dajal atau gelar Dajjal mengacu pada penipu akhir zaman dalam mitologi Islam, Anti Kristus, yang akan membuat dirinya dikenal di Yawm al-Qiyamah ( Hari Kebangkitan).
 ( Sumber : Smith, Islamic Understanding of Death and Resurrection, 67–9, 127–8; Waines, Introduction to Islam, )

Devils of Adam
Menurut Rabi Elias dalam karyanya “ Thisbi “, ada 4 iblis utama Adam : Lilis, Machalas, Naome, dan Ogére. Iblis-iblis perempuan ini dikatakan berada di bawah perintah Setan / Satan. Selama 130 tahun sebelum Adam menikah dengan Hawa, dikatakan bahwa ia menjadi ayah dari banyak keturunan dengan keempat iblis perempuan ini.
( Sumber: Smedley, Encyclopaedia Metropolitana, 725; Spence, Encyclopadia of Occultism, 152; Van der Toorn, Dictionary of Deities and Demons, 246 )

Druh
Dalam mitologi Iran, Druh  adalah iblis dusta. Dia tinggal di gua-gua gelap.
 ( Sumber: Petrie, Journal of the Transactions of the Victoria Institute, Vol. 14, 328; Woodard, Cambridge Companion to Greek Mythology, 129, 161 )

Ducci
Nama lain : The Devil, Ducii.
Ducci ( manis ) adalah salah satu nama dari Incubus ( setan ) yang berasal dari cerita rakyat abad pertengahan. Berwujud seperti lelaki tampan yang meniduri para wanita, ia adalah setan malam yang memiliki hubungan seksual dengan para wanita di saat mereka tertidur, dan  mengisap energi kehidupan mereka.
 ( Sumber : Edwards, Melbourne Review, Vol. 7, 256; Gettings, Dictionary of Demons, 99; Robbins, Encyclopedia of Witchcraft and Demonology, 45. )

Duma
Nama lain: Douma, Dumah, The Guardian of Egypt ( Penjaga Mesir ), Keeper of the Three Keys to the Three Gates of Hell ( penjaga 3 kunci menuju 3 gerbang neraka ).
Awalnya Duma adalah seorang dewa tumbuhan dari Sumeria yang berasal dari cerita rakyat Yiddish. Duma ( kebodohan atau keheningan) dikatakan sebagai kepala iblis di Gehinnom ( neraka bagi para pendosa akibat lisan mereka ), juga merupakan salah satu dari tujuh  pangeran neraka serta malaikat penjaga  Mesir. Malaikat pembenaran atau Fallen Angel, Duma adalah iblis kesunyian dari kematian dan memerintahkan Presiden Neraka, 12.000 pelayan, dan puluhan ribu malaikat kehancuran. Duma digambarkan memiliki seribu mata dan membawa pedang menyala
( Sumber : Davidson, Dictionary of Angels, 99; Guiley, Encyclopedia of Angels, 109; Olyan, Thousand Thousands Served Him, 75 )

E
Envy
Nama lain: Phtheneoth
Envy merupakan salah satu dari 72 iblis Solomon yang membangun kuil Solomon.
( Sumber: Ashe, Qabalah, 37, 52; Davidson, Dictionary of Angels, 33, 147. )

Error
Iblis Error disebutkan dalam pengetahuan Babilonia, Yahudi, dan Solomon. Iblis wanita yang berada di peringkat keenam dari Tubuh Tujuh Langit ( Seven Heavenly Bodies ) serta salah satu dari tiga puluh tiga (atau tiga puluh enam, beberapa sumber lain menyebutkan ) unsur-unsur dari Penguasa Kosmik Kegelapan. Ia dikatakan sebagai salah satu iblis Solomon yang sangat ahli  menggali fondasi untuk membuat kuil. Dia mengaku sebagai iblis karena  Raja Solomon telah  membunuh saudaranya. Dewi iblis ini digambarkan  sebagai salah satu dari tujuh iblis  wanita cantik yang terikat bersama-sama; secara kolektif mereka mewakili sekelompok bintang di langit. Bersama-sama mereka bepergian, kadang-kadang mereka tinggal di Lydia, atau Olympus, atau di gunung yang besar.

Error  dipanggil karena dia dikenal membantu ahli nujum dalam menempatkan roh ke dalam mayat. Dia juga menyebabkan orang-orang berbuat salah, memimpin jiwa-jiwa yang salah dari kesalehan, dan memiliki banyak kejahatan lain yang tidak disebutkan. Musuh pribadinya adalah malaikat Uriel.
 ( Sumber: Abrahams, Jewish Quarterly Review, Vol.11, 25; Charlesworth, Old Testament Pseudepigrapha, 935; Conybeare, Jewish Quarterly Review, Vol. 11, 24–6.)

Ethan
Didalam Ars Goetia, buku pertama Lemegeton, menyebutkan Ethan ( keledai ) sebagai salah satu dari lima puluh tiga pelayan  Ashtaroth dan Asmodeus
( Sumber: Mathers, Book of the Sacred Magic of Abramelin the Mage, 115; Von Worms, Book of Abramelin, 247.)

F
Fujin
Dalam demonologi Jepang, Fujin merupakan iblis tertua dari para dewa Shinto. Setan dari
angin dan hadir ketika dunia diciptakan, ia muncul sebagai sosok yang gelap dan menakutkan. Fujin  membawa sebuah tas besar berisi angin pada bahunya, serta  memakai pakaian kulit macan tutul.
 ( Sumber: Ashkenazi, Handbook of Japanese Mythology, 154–5; Maberry, Cryptopedia, 206; Turner, Dictionary of Ancient Deities, 182 )

G
Galak
Dalam Sacred Magic of Abramelin The Mage, buku ke-2, Galak termasuk diantara dua puluh dua pelayan Ariton.  Namanya berasal dari bahasa Yunani yang berarti "susu."
 ( Sumber: Mathers, Book of the Sacred Magic of Abramelin the Mage, 108; Von Worms, Book of Abramelin, 257.)

Ghul
Dalam cerita rakyat Muslim ada setan vampir perempuan  dikenal sebagai “Ghul” yang hanya memakan daging orang mati. Ghul akan menghancurkan makam dan lalu memakan tengkorak orang mati tersebut. Jika ia sulit menemukan makanannya di kuburan, ia akan berubah menjadi seorang wanita cantik untuk menipu para pengelana yang berpikir bahwa ia adalah seorang pelacur. Kemudian saat ia dan lelaki tersebut sendirian, ia akan membunuhnya.
 ( Sumber: Delcourt, Oedipe, 108–9; Gibb, Shorter Encyclopaedia of Islam, 114, 159; Stetkevych, MuteImmortals Speak, 95–99; Villeneuve, Le Musee des Vampires, 368 )


Gog dan Magog
Nama lain: Goemagot, Goemot, Gogmagog, Gogmagog dan Corineus, Ma’juj wa Ya’juj( Ya’juj dan Majuj ).
Setan raksasa Gog dan Magog disebutkan dalam berbagai mitologi, tetapi menurut “ Historia Regum Brittaniae ( Sejarah Raja-Raja Inggris )” yang ditulis pada tahun 1136 oleh Geoffrey dari Monmouth, mereka adalah penjaga tradisional kota London. Legenda itu menceritakan pada kita bahwa Kaisar Romawi Diokletianus memiliki 33 anak perempuan jahat yang ingin dinikahinya. Alba, yang tertua, memimpin saudara-saudara perempuannya dalam rencana untuk membunuh ayah mereka (atau suami mereka, menurut sumber yang berbeda). Mereka ditangkap dan karena hukuman, mereka terapung-apung di laut.

Kapal tersebut mendarat di sebuah pulau yang dihuni oleh iblis. Alba mengubah namanya menjadi Albion, dan disana ia dan saudara perempuannya memilih suami dari setan dan melahirkan ras raksasa. Ketika dua orang terakhir yang selamat dari putra-putra dari tiga puluh tiga saudara perempuan dan suami iblis mereka, Gog dan Magog ditangkap dan diikat dengan rantai pada gerbang istana di Guildhall untuk bertindak sebagai penjaga. Bergantung pada berbagai sumber dan mitologi yang dikutip dan dirujuk tentang Gog dan Magog sepanjang sejarah, pasangan ini telah menjadi ras dari orang-orang Asia Tengah, setan-setan, Malaikat Terjatuh / Fallen Angels, raksasa-raksasa, daratan-daratan, dan bangsa.
( Sumber: Brewer, Reader’s Handbook of Famous Names in Fiction, 433; Larkin, Book of Revelation, 191; Rose, Giants, Monsters, and Dragons, 145–6 )

H
Hahabi
Apollonius dari Tyana, dalam “ Nuctemeron ( Night Illuminated by Day) “ menyebut Hahabi sebagai iblis dari rasa takut. Hahabi memiliki kekuatan penuh hanya selama tiga jam dalam satu hari.  ( Sumber: Gettings, Dictionary of Demons, 129; Kelly, Who in Hell, 104.)

Harab Serapel
Nama lain: A’arab Tzereq (“The Ravens of Dispersion”), Ravens of the Burning of God.
 Dalam tradisi kabbalistik dan menurut Qliphoth, Serapel Harab ( gagak kematian ) adalah setan yang ketujuh dari sepuluh setan dari Dunia Asiatic. Di bawah komando Baal Chanan dan Theuniel, mereka mengawasi wilayah  neraka. Burung gagak iblis ini tinggal di gunung berapi. Dalam bahasa Ibrani kata ini terkait dengan Khorev Seraphim (kho-REV se-RAF, flaming raven ).  ( Sumber : Davidson, Dictionary of Angels, 135; Horne,Sacred Books and Early Literature of the East, 163. )

I
Ifrit
Nama lain: Afreet, Afrit, Afrite, Efreet, Ifreet.
Ifrit adalah jenis jin dari mitologi Arab. Roh bawah tanah, penampilannya seperti raksasa,  sayapnya  terbuat dari asap. Licik, abadi, dan kuat, nadinya mengalir  api, bukan darah. Ketika Ifrit terluka parah, lukanya akan terbakar kedalam api.
 Ifrit hidup di bawah tanah dan di reruntuhan dalam sebuah suku  dibawah perintah pemimpin suku tersebut. Perempuan dari jenis jin ini dinamakan Ifritah. Iblis-iblis ini takut pada petir.
 ( Sumber: Hyatt, Book of Demons, 55; Merriam-Webster, Inc., Merriam-Webster’s Encyclopedia of World Religions,498; Rose, Giants, Monsters, and Dragons, 6 )

Ikwaokinyapippilele
Dalam kosmologi Cunas, Ikwaokinyapippilele adalah iblis malam dari sakit kepala dan penjaga  malam, memangsa setan-setan  yang menyebabkan penyakit. Iblis ini adalah penembak jitu yang sangat baik; dia menembak "paus-paus jinak" yang membawa air laut ke wanita hamil dan melemparkan tombaknya ke para pahlawan selama pertempuran.
Ikwaokinyapippilele muncul di langit malam sebagai dua dari tiga bintang terang yang berturut-turut di rasi bintang Orion.
 ( Sumber: Ashley, Complete Book of Devils and Demons, 64; Keeler, Secrets of the Cuna Earthmother, 84–5, 245.)


Incubus,
Jamak : Incubi
Nama lain : Ag Rog ( old hag ),  Agumangiaalp , Aufhöcker
Barychnas ( the heavy breather ) ,  Buhlgeist,
Cauchmar ( trampling ogre ) ,
Da Chor, Dab ( nightmare ), Ducci,  Duendes, Ephélés
Haegte, Haegtesse, Haehtisse, Hagge, Hegge, Hexendrücken, Hmong,
Ka wi Nulita ( scissors pressed ), Kanashibara ( to tie with iron rope ), Kikimora, Kokma,
Mab, Maere, Mair, Mar, Mara, Mare-Hag, Molong, More, Morúsi, Móry, Muera,
Ngarat, Night -mare,
Phi Kau ( ghost possessed ), Phi Um ( ghost covered ), Pnigalion ( the choker ), Preyts, Raukshehs,
Tsog ( evil spirit ), Tsog Tsuam ( evil spirit who smothers ),
Ukomiarik, Urum,
Védomec,
Zmora.

Didalam semua budaya dari seluruh dunia dan dari semua periode waktu memiliki laporan tentang  jenis setan vampir yang memakan energi seksual manusia. Inkubus pada umumnya digambarkan oleh korban perempuannya sebagai "perasaan"  laki-laki. Pada malam hari, vampir iblis ini menyerang seorang wanita ketika ia tertidur, mencuri energi seksual darinya. Sang korban jarang terbangun selama serangan tersebut, akan  tetapi ia mengalami peristiwa seolah-olah itu adalah mimpi erotis.

Begitu Inkubus telah mengunci  seorang wanita  ( ia lebih suka biarawati ), akan sangat sulit untuk mengusirnya, walaupun ada banyak rekomendasi yang ditawarkan gereja untuk menangkisnya, seperti melakukan pengusiran setan, merelokasi, berulang kali membuat tanda salib, atau, sebagai upaya terakhir, melakukan eks komunikasi pada wanita yang diserang. Pengetahuan tradisional mengatakan bahwa menggantung bawang putih dan Druidstone (batu dengan lubang alami melewatinya) di samping tempat tidur akan membuat Incubus menjauh.
( Sumber: Cohn,
Europe’s Inner Demons, 235; Doniger, Britannica Encyclopedia of World Religions, 503; Jones, On the Nightmare; Robbins, Encyclopedia of Witchcraft and Demonology, 28, 125 )

J
Jan-Ibn-Jan
Nama Lain : Jan bin Jan, Jann al-Jann, Sang Penutup dari 72 Iblis Raja Solomon
Jan-Ibn-Jan adalah penguasa Jinnestan, dengan memiliki kekuasaan untuk memerintah atas semua jenisnya, menurut mitologi Arab. Namanya berarti "Jan putra Jan." Dia merupakan pembangun piramida besar Mesir, perisainya adalah benda ajaib yang memiliki kekuatan, kemudian benda tersebut  jatuh ke tangan Raja solomon, yang memungkinkan dia untuk mengikat setan. Musuh pribadi iblis ini adalah malaikat Iblis.
 ( Sumber : Hyatt, Book of Demons, 54; Keightley, Fairy Mythology, 18, 25; Lieber, Encyclopadia Americana, Vol.5, 412.)

Julana
Dalam demonologi Australia, Julana merupakan iblis nafsu.
 ( Sumber : Róheim, Eternal Ones of the Dream, 259–62; Savill, Pears Encyclopaedia of Myths and Legends, 88.)

K
Kaia
Awalnya merupakan sejenis roh ciptaan, kaia menjadi iblis penghancuran dalam mitologi Melanesia. Bersandar pada kehancuran umat manusia, iblis-iblis ini memiliki kemampuan mengubah bentuk dirinya dan terlihat seperti penduduk asli seperti  belut, ular, babi hutan, atau hibrida humanoid, tetapi mereka lebih menyukai bentuk manusia. Mereka tinggal di gua bawah tanah  gunung berapi.
( Sumber : Hastings, Encyclopadia of Religion and Ethics, Vol. 9, 337; Lurker, Dictionary of Gods and Goddesses, 182; Mackenzie, Myths from Melanesia and Indonesia, 35–7; Rivers, Medicine, Magic, and Religion, 14–16.)

L
Laila
Nama lain: Lailahel, Lajil, Layla ( Malam ), Leliel ( jaws of God )
Dalam kisah kabalistic, Laila ( malam ) merupakan pangeran konsepsi, ditunjuk untuk menjaga semangat anak-anak yang baru lahir saat kelahiran mereka. Dia sama dengan Lilith, gambaran dari Iblis. Setan malam hari,  secara fisik ia bertarung untuk Abraham/ Ibrahim ketika sang nabi tersebut bertarung melawan raja. Meskipun ia disebut sebagai setan malam , para ahli tidak yakin apakah Laila adalah malaikat yang baik atau jahat
 ( Sumber: Davidson, Dictionary of Angels, 172; Hurwitz, Lilith, the First Eve, 53, 87.)

Luxuriosus
Luxuriosus pertama kali disebutkan dalam sebuah manuskrip abad ke-15 berjudul Librum de Nigromancia yang dikatakan milik seorang pendeta bernama Johannes Cunalis dari Munich, Bavaria. Setan ini adalah salah satu dari tiga yang dipanggil oleh penyihir Perancis, Jubertus dari Bavaria  pada tahun 1437, dua setan lainnya adalah Avarus dan Superbus. Setan nafsu, pemerkosa dan perayu, Luxuriosus digambarkan sebagai gadis berusia dua belas tahun yang menawan tetapi dengan mata yang bersinar seperti api belerang. Iblis malam hari, dia juga kekasih Jubertus dan melarang sang pendeta untuk minum air suci, melakukan perbuatan baik, atau mencium salib.

Pada malam hari Jubertus menyembahnya seperti dewa. Dia akan menghadap ke timur, membuat tanda salib, buang air besar, meludah, dan buang air kecil di atasnya, lalu menyangkal Tuhan, dengan demikian menyerahkan tubuh dan jiwanya kepada Luxuriosus setelah kematiannya sendiri. Penyihir itu akan memberi Luxuriosus tiga atau lima pence pada Jumat Suci.
( Sumber: Csonka-Takács,
Witchcraft Mythologies and Persecutions, 66; Kieckhefer, Forbidden Rites, 30, 31, 34; Tigelaar, Karolus Rex, 191.)

M
Malik
Nama lain: Malac, Malek,
Malik ( raja ) dikatakan sebagai zabaniya (wali) yang memangsa para pendosa yang menyangkal kebenaran ketika hal itu diungkapkan kepada mereka. Seorang malaikat terjatuh / fallen angel, Malik menyalakan api neraka dan mencela mereka.
 ( Sumber: Davidson, Dictionary of Angels, 182; Hastings, Encyclopadia of Religion and Ethics, Vol. 4, 346–7, 618; Khanam, Demonology, 195.)

Mantan
Mantan adalah salah satu dari enam puluh lima pelayan  Kore Andmagoth yang disebutkan dalam Sacred Magicof Abramelin the Mage, buku ke-2.
 ( Sumber: Mathers, Book of the Sacred Magic of Abramelin the Mage, 118; Von Worms, Book of Abramelin, 250, 256.)

N
Nana Ayesha
Nama lain: Grinder of the Corn, Nana Ayesha Karama ( demonologi Afrika Utara dan Barat ) Dalam demonologi Afrika Utara dan Barat, Nana Ayesha adalah iblis dari luka mata dan cacar. Terlahir sebagai putri Zanzanna, ia dapat dibujuk untuk tidak menyebarkan penyakitnya dengan persembahan korban unggas berbintik-bintik. Nana Ayesha diwakili dalam tarian dengan mengenakan pakaian merah, putih, dan compang-camping dengan dua sapu tangan diikat di kepala. Menari dengan liar, bertepuk tangan, dan menggaruk diri, akhirnya perwakilan Nana Ayesha akan duduk dan terisak-isak sampai seseorang memberi mereka sedikit gula; dihidupkan kembali, mereka mulai menari lagi.
 ( Sumber: Caillois, Man, Play, and Games, 94; Oesterreich, Possession, Demoniacal and Other Among Primitive Races, 260; Tremearne, Ban of the Bori, 377.)

Nightmares
Menurut buku Alphonse de Spina, Fortalitium Fidei (Benteng Iman) yang diterbitkan pada 1467,
Nightmares  adalah jenis iblis yang mengganggu tidur alami seseorang dengan mimpi-mimpi yang mengganggu. 
 ( Sumber: Ashley, Amazing World of Superstition, Prophecy, Luck, Magic and Witchcraft, 198; Ashley,What’s in a Name, 214)

Nujaitun
Mungkin berasal dari demonologi Persia, Nujaitun adalah iblis asma dan kegilaan.
( Sumber: Society of Biblical Archæology, Proceedings of the Society of Biblical Archaeology, Vol. 9, 227 )

O
Ozibuth
Nama Lain : “The destroyer of children”  ( Sang Penghancur Anak-Anak )
Ozibuth adalah iblis perempuan dari demonologi kristen. Musuh pribadinya adalah malaikat Afriel.
( Sumber : Davidson, Dictionary of Angels, 10.)

P
Pey
Pey adalah jenis setan vampir dari pengetahuan Sri Lanka dan Tamil, India. Mereka memakan  darah dari para prajurit terluka yang mereka temukan di medan perang. Pey pertama-tama menguras darah prajurit  dan kemudian membawa tubuh si korban kembali ke rumahnya, dimana mayatnya dimasak dan dimakan.
 ( Sumber: Blavatsky, Isis Unveiled, 447; Hikosaka, Encyclopaedia of Tamil Literature, 67, 79, 30; Maberry, Vampire Universe, 247; Selby, Tamil Geographies, 194–95; Waghorne, Gods of Flesh, Gods of Stone, 197.)

Psezpolnica
Dalam pengetahuan Serbia, Psezpolnica ( Wanita Tengah Hari ) adalah iblis yang muncul pada saat memanen dan memenggal kepala orang-orang yang bekerja di ladang atau membuat mereka marah. Psezpolnica  merupakan iblis yang paling kuat saat  siang hari, dia digambarkan  terlihat seperti seorang wanita atau seorang darwis.
 ( Sumber: Lurker, Dictionary of Gods and Goddesses, 290; Messadié, History of the Devil, 197.)

Q
Qutrub
Berasal dari demonologi pra-Islam, Qutrub adalah ghoul setan laki-laki atau jin yang
lahir dari telur sebagai anak-anak Iblis. Seorang istri  diciptakan khusus untuknya oleh Tuhan dari api Samun.  Qutrub mengembara pada area pemakaman untuk memakan mayat manusia.
 ( Sumber: Hughes, Dictionary of Islam, 137; Knappert, Encyclopaedia of Middle Eastern Mythology and Religion, 234; Rose, Spirits, Fairies, Leprechauns, and Goblins, 126; Turner, Dictionary of Ancient Deities, 251.)

R
Rabinu
Nama lain : Rabanu, Rabi, Rabianu.
Rabinu adalah iblis dari demonologi Mesopotamia kuno. Dari bayang-bayang ia melompat keluar dan mengalahkan para korbannya.
 ( Sumber : Baskin, Satanism, 271.)


S
Sarikin Bakka
Nama lain : Ali
Dari demonologi orang-orang Hausa di Afrika Barat,  setan Sarikin Bakka berasal.
Namanya jika diterjemahkan berarti "Kepala Haluan" atau "Kepala Pemburu.” Iblis roh alam ini
memiliki perintah atas binatang hutan dan dapat menyebabkan kegilaan pada manusia yang hanya bisa disembuhkan dengan tarian seremonial dan hewan yang tepat dipersembahkan sebagai korban. Orang Hausa secara rutin mengorbankan seekor ayam jago merah dan ayam putih untuk iblis ini sebelum dimulainya ekspedisi berburu. Dikatakan bahwa Sarikin Bakka hidup didalamsebuah  busur besi kecil.
 ( Sumber: Knappert, African Mythology, 107; Knappert, Swahili Culture, Vol. 2, 653; Tremearne, Ban of the Bori, 204, 343.)

Schedim
Dalam bahasa Ibrani kata schedim pada dasarnya berarti "setan" atau "menjadi kasar," dan tidak ada bentuk tunggal. Mereka dikatakan tak terhitung banyaknya. Dalam Talmud dan dalam demonologi Ibrani,  Schedim adalah jenis setan yang dilahirkan sebagai anak-anak Adam dan Lilith selama 100 tahun  dia terpisah dari istri keduanya, Hawa. Legenda lain mengatakan mereka diciptakan pada hari keenam oleh Tuhan, tetapi matahari terbenam sebelum tubuh mereka dapat diciptakan, menyebabkan makhluk-makhluk ini tetap setengah manusia dan setengah roh; namun yang lain mengklaim bahwa mereka adalah keturunan ular atau setan dalam bentuk ular. Sebuah akhir kisah penciptaan  mengklaim bahwa setelah Menara Babel jatuh, beberapa orang diubah menjadi Schedim.

 Schedim memiliki sayap malaikat dan mereka dapat terbang dari dunia ke dunia. Mereka mengetahui masa depan dengan mendengarkan dari balik tabir bahwa para malaikat telah mengizinkan mereka untuk menggunakannya. Beberapa sumber mengklaim bahwa mereka memiliki tangan dan kaki ayam jantan. Seperti halnya manusia, Schedim harus makan dan minum; mereka dapat mereproduksi lebih banyak dari jenisnya dan fana dengan umur tetap. Secara umum, mereka jahat;  namun, dalam pengetahuan Asiria dan Babilonia kuno, Schedim dapat dipanggil sebagai kekuatan jahat atau kebaikan. Makhluk-makhluk iblis ini berkeliaran di sekitar mayat serta kuburan dan hidup di tempat-tempat sepi atau "najis". Untuk menguji apakah schedim ada di sekitar kita, lemparkan abu ke tanah; jika mereka ada, jejak kaki mereka akan terlihat.

 Pengorbanan hewan dan anak-anak akan membuat setan-setan ini tidak menyerang. Beberapa sumber mengklaim bahwa orang berdosa menawarkan anak perempuan mereka kepada schedim, tetapi sumber tidak jelas apakah ini adalah persembahan kehidupan, seksualitas, atau sesuatu yang lain. Bersiul dapat menarik mereka, seperti halnya mengucapkan kata "schedim" dengan keras.
 ( Sumber: Atlantic Monthly, Vol. 54, 462, 464; Burton, Magic, Mystery, and Science, 120; Farmer, Dissertation on Miracles, 248, 250; Plaut, The Torah, 1403.)

Seera
Seera adalah iblis waktu. Ia mampu mengontrol waktu.
( Sumber : Kelly, Who in Hell, 210.)

Sila
Nama lain: Si’lah
Sila dikatakan sebagai iblis yang paling lemah dari semua jenis. Kemampuannya dapat mengubah dirinya dalam berbagai bentuk.
 ( Sumber: Britannica, Students’ Britannica India, Vols. 1–5, 142; Carta, Djinn Summoning, 26; Hughes, Dictionary of Islam, 135; Knowles, Nineteenth Century, Vol. 31, 449; Rose, Spirits, Fairies, Leprechauns, and Goblins,363.)

T
Tin Tin
Tin Tin adalah iblis vampir dari Ekuador yang memangsa gadis-gadis remaja. Ia bersiul untuk
mendapatkan perhatian mangsanya. Kemudian, sesegera mungkin, ia membawa gadis itu ke guanya dan memperkosa sang korban, biasanya menghamili korban tersebut. Tin Tin berburu hanya saat  bulan keluar.
 ( Sumber: Eberhart, Mysterious Creatures, 82; Guiley, Encyclopedia of Vamoires, Werewolves, and other Monsters, 280 )

U
Ura
Ura ( pelayan sempurna para dewa ), adalah iblis penyakit,  salah satu bentuk dari Nergal,
dewa kelaparan, wabah, perang, dan kehancuran secara umum dari demonologi Babilonia.
Anggota dewannya adalah dewa Ishun. Ura memerintahkan tujuh roh jahat dan berharap untuk menghancurkan "para kepala gelap" (umat manusia). Ia  dapat mengucapkan "kutukan yang tidak bisa dihindari" yang membunuh hewan peliharaan dan manusia dengan penyakit. Ura dapat dicegah dari serangannya dengan membaca mantra  yang memuji keberanian dan kekuatannya
 ( Sumber: Hastings, Encyclopedia of Religion and Ethics, Part 12, 645; Thompson, Devils and Evil Spirits of Babylonia, xlvii.)


Urian
Nama lain: Leonard, Satan The demon
Setan Urian adalah kepala pengawas dari ilmu hitam dan sihir serta berkuasa atas semua penyihir, menurut mitologi Jerman. Digambarkan  sebagai kambing hitam raksasa, iblis ini bersenggama dengan para penyihir dan memimpin hari Sabat mereka. Dalam sebuah cerita rakyat Jerman, Urian melintasi Rhine di Dusseldorf dengan sebuah bungkusan besar di punggungnya berisi dengan kejahatan untuk menghancurkan Aix-la-Chapelle. Ketika  Urian memanjat tanggul untuk memasuki kota, ia begitu ketakutan oleh seorang wanita tua dan menjatuhkan ranselnya. Sampai hari ini pinggiran sungai di wilayah itu dikenal sebagai Looseburg.
( Sumber: Ashley, Complete Book of Devils and Demons, 59; Percy, Mirror of Literature, Amusement,and Instruction, Vol. 39, 263; Tait, European Life, Legend,and Landscape, 102.)

Utuq
Dalam demonologi Asyur,  Utuq hidup di padang pasir dan bisa menjadi kekuatan untuk kebaikan maupun kejahatan.
 ( Sumber: Allen, History of Civilization, Vol. 2, 384; Lenormant, Chaldean Magic, 148; Wesleyan-Methodist Magazine, Vol. 63, 1006.)

Uzziel
Nama lain: Usiel
Dalam pengetahuan Enochian nama Uzziel ( kekuatan Tuhan ) sebagai salah satu dari fallen angels, sebelumnya dari Order of Virtues, yang bersumpah setia kepada Samiaza, memberontak terhadap Tuhan, mengambil seorang istri manusia, dan menjadi ayah dari Nephilim .
 ( Sumber : Davidson, Dictionary of Angels, 299–301.)

V
Verrin
Nama lain: Verin, Verrine
Verrin termasuk kedalam golongan malaikat terjatuh / fallen angel. Ia adalah iblis ketidaksabaran.
( Sumber : Cuhulain, Witch Hunts, 206; Ashley, Complete Book of Devils and Demons, 61; Bias, Freedom from the World of Satanism and the Power of Satan, 42; Ford, Bible of Adversary, 81; Robbins, Encyclopedia of Witchcraft and Demonology, 22.)

Vucub Caquix
Nama lain: Gucup-Cakix, Itzamna Yeh (“Bringer of Magic”), Vucab-Cakix, Vucab-Came, Vucub Camé, Vukub-Cakix
Vuqub caquix adalah penyihir pertama dari kosmos Maya dan iblis dari dunia bawah. Suami dari Chimalmat dan ayah dari raksasa Kabrakan dan Zipakna (setan gempa bumi). Ia digambarkan sebagai iblis besar seperti burung dan diwakili oleh tujuh bintang Biduk. Sangat angkuh, dia adalah bulan palsu, matahari, dan senja. Vuqub Caquix dibunuh oleh si kembar Hunahpu dan Ixbalangue untuk membalas kematian ayah mereka.
 ( Sumber: Brennan, Hidden Maya, 130–1; Guernsey, Ritual and Power in Stone, 112; Lurker, Dictionary of Gods and Goddesses, 375; Stookey, Thematic Guide to World Mythology, 193; Tedlock, Popol Vuh, 93.)

W
Wahini Hal
Wahini Hal adalah sosok ibu iblis dalam demonologi Polinesia, digambarkan sebagai wanita dengan mata yang menonjol dan lidah yang menggantung hingga ke tanah. Sebagai predator malam hari, ia memangsa anak-anak kecil, mencuri dan memakan mereka.
Source: Turner, Dictionary of Ancient Deities, 271.

X
Xezbeth
Nama lain: Al-Kathab ( Sang Pendusta ), Shezbeth
Xezbeth adalah iblis dalam kisah dongeng, legenda - legenda, dan kebohongan.
Sumber: Baskin, Satanism, 341; Icon, Demons, 189; Knappert, Encyclopaedia of Middle Eastern Mythologyand Religion, 256

Xipe Totec
Iblis  yang muncul dimana pun ada pertumpahan darah, Xipe Totec menghisap
darah dari mereka yang tertidur ketika mereka seharusnya melakukan penebusan atas dosa mereka. Awalnya disembah oleh suku Aztec sebagai dewa penyesalan, Xipe Totec dahulunya memiliki tawanan perang yang dikorbankan padanya dengan membelah kaki dan lidah mereka dan membiarkan mereka mati kehabisan darah. Dia terkenal sebagai penipu keji. Pada satu kesempatan sambil berpura-pura menjadi seorang nabi, dia menipu seluruh penduduk desa  untuk jatuh dari tebing.
 ( Sumber : Hyatt, Book of Demons, 94 )

Y
Yoko
Berdasarkan “  Apocryphon of John” Yoko adalah iblis hasrat.
( Sumber : Dunderberg, Beyond Gnosticism, 110; Ford, Bible of the Adversary, 74; Kelly, Who in Hell, 251;Lumpkin, Fallen Angels, the Watchers and the Origin of Evil, 16; Robinson, Facsimile Edition of the Nag Hammadi Codices, Vol. 12, 109 )

Z
Zelinda
Nama lain: Zelinda the Fair
Zelinda terlahir sebagai salah satu anak perempuan dari Lilith, dan istri dari Kain ( Qebel / Qabil ) dalam cerita rakyat Yahudi.
( Sumber : Rudwin, Devil in Legend and Literature, 28, 96.)

Zu
Nama lain: Anzu, Imdugud
Burung badai ilahi, Zu adalah pekerja utama kejahatan dalam mitologi Sumero-Akkadia; dia adalah personifikasi angin selatan dan awan guntur. Zu hidup didalam gua-gua terpencil di gunung. Musuh pribadinya adalah para dewa En-Lil dan Shamash. Iblis yang digambarkan sebagai Setengah manusia setengah burung ini mencuri Tablet Takdir dari Enlil dan menyembunyikannya di puncak gunung, hingga menyebabkan para dewa takut padanya dan kekuatan yang dia miliki atas nasib mereka saat dia memiliki tablet itu. Akhirnya, Zu dibunuh oleh Marduk atau anak panah dewa Ninurta
 ( Sumber : Gray, Mythology of All Races in Thirteen Volumes, Vol. 6, 264, 269; Jastrow, Religion of Babylonia and Assyria, 525, 537–8, 540, 542.)

***
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua......

Sumber :
Bane ,Theresa. Encyclopedia of  Demons in World Religions and Cultures. North Carolina  : McFarland & Company, Inc., Publishers Jefferson.2012




No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
Silahkan tinggalkan komentar anda yang berhubungan dengan artikel.
No sara / pornografi.

Dabo Singkep

Welcome To Dabo Singkep Island

Sudah pernahkah kamu   mendengar sebuah pulau   bernama Dabo Singkep? Bagi yang sudah mendengarnya, mereka akan tahu dimana letak pu...