Sunday, June 11, 2023

Selamat Hari Cyrus yang Agung

Pada setiap tanggal 29 Oktober diperingati sebagai Hari Internasional Cyrus yang Agung (International Day of Cyrus The Great), Raja Persia yang dianggap peletak pertama dasar kemanusiaan atau yang dikenal dengan nama Cyrus Cylinder.

Masyarakat Iran meyakini 29 Oktober merupakan hari peringatan Cyrus memasuki Babilonia. Komunitas masyarakat Iran yang tersebar di berbagai negara seperti di Amerika & Inggris merayakan hari ini. Pada tahun 2009 & 2010, komunitas masyarakat Iran memperingatinya di kota Cambridge, Inggris. 

Cyrus yang Agung merupakan pendiri serta raja pertama kerajaan Persia (Iran kuno). Pada tahun 539 SM, tentara Cyrus yang Agung menyerang kota Babilonia. Setelah kota ini jatuh ke tangan Raja Cyrus, hal yang pertama dilakukannya adalah untuk kemanusiaan. Ia membebaskan para budak Yahudi dari penjara & memerdekakan mereka. Ia menetapkan (dekrit) dasar kemanusiaan seperti kebebasan beragama serta memiliki hak yang sama tanpa perbedaan ras.

Dekrit Cyrus yang Agung ditulis dalam bahasa Akkadia pada sebuah tanah liat yang dibakar berbentuk silinder dan menggunakan tulisan paku. Dekrit ini terkubur di bawah pondasi dinding kota Babilonia. 

Cyrus Cylinder pertama kali ditemukan pada tahun 1879 oleh ekspedisi Inggris, dianggap sebagai bukti fisik pertama dari catatan yang berhubungan dengan kitab injil.

Dari Babilonia, gagasan kemanusiaan menyebar begitu cepat ke India, Yunani, hingga Roma. Cyrus yang Agung begitu dipuja & menjadi inspirasi untuk para tokoh dunia yang terkenal, seperti Thomas Jefferson, Mohammad Reza Pahlavi (Shah & raja terakhir Iran), dan David Ben-Gurion (pendiri & perdana mentri pertama Israel). 

Hari ini, Cyrus Cylinder dikenal sebagai sebuah catatan kuno pertama peletak dasar kemanusiaan dan diterjemahkan kedalam 6 bahasa. 

"Mereka yang bukan 

saudaramu seiman adalah saudara dalam kemanusiaan"

(Ali bin Abi Thalib)

Happy Cyrus Day

Semoga kita bersama-sama berkontribusi untuk kemanusiaan



No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
Silahkan tinggalkan komentar anda yang berhubungan dengan artikel.
No sara / pornografi.

Dabo Singkep

Welcome To Dabo Singkep Island

Sudah pernahkah kamu   mendengar sebuah pulau   bernama Dabo Singkep? Bagi yang sudah mendengarnya, mereka akan tahu dimana letak pu...